Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pj Wali Kota Kediri Tinjau Tiga Sumber Mata Air, Cek Kondisi Kawasan

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Nurlayla Ratri

20 - Apr - 2024, 20:15

Placeholder
Pj Wali Kota Kediri kunjungi tiga sumber di Kota Kediri.

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Kediri Zanariah meninjau tiga sumber mata air di Kota Kediri, Sabtu (20/4/24). Sumber mata air yang dikunjungi yakni Sumber Bulus dan Sumber Cakarsi di Kelurahan Tosaren serta Sumber Soyo di Kelurahan Bawang. Kunjungan ini bertujuan untuk memantau kondisi kawasan pengelolaan sarana prasarana, hingga kebermanfaatan sumber mata air di Kota Kediri. 

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kediri memberikan pesan kepada pihak terkait yang mengelola sumber mata air ini. Sumber mata air ini harus dijaga dan dipelihara dengan baik dan tidak boleh digunakan untuk mencuci apapun. Karena sabun cuci ini bisa membunuh ikan-ikan yang ada di sumber ini sehingga merusak keseimbangan ekosistem di air. 

Baca Juga : Hanya di Malang, Ada Dua Pantai yang Punya Jembatan ke Pulau-Pulau Indah

"Sangat disayangkan sumber mata air yang masih jernih ini digunakan untuk mencuci pakaian. Detergen yang digunakan untuk mencuci itu yang bahaya. Jadi tidak boleh lagi masyarakat mencuci pakaian di sumber mata air ini. Nanti kita carikan solusi untuk masyarakat yang biasanya mencuci di sumber mata air ini," terang Zanariah.

Lebih lanjut, Pj Wali Kota Kediri juga menambahkan manfaat menjaga sumber mata air ini agar tetap jernih airnya. Selain itu agar nanti anak cucu bisa menikmatinya, serta dapat terus memberikan manfaat untuk kehidupan masyarakat di sekitar sini.  

Ketiga sumber mata air tersebut  juga dimanfaatkan sebagai ruang publik, sarana hiburan sekaligus lahan mata pencaharian masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Pj Wali Kota Kediri menekankan apabila sumber ini menjadi tempat wisata, baik pengelola maupun pengunjung harus bisa menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

"Tegur apabila ada yang melanggar, jangan didiamkan saja. Jangan sampai ekosistem di sumber mata air ini rusak," imbuhnya. 

Baca Juga : PJ Wali Kota Kediri Zanariah Meriahkan Fun Bike Bersama Forkompimda Plus Dalam HUT ke-17 Brigif 16 Wira Yudha

 

Terakhir, Zanariah juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga keberadaan pohon-pohon ini. Karena keberadaan pohon ini telah memberi banyak manfaat untuk mempertahankan eksistensi air tanah. Pemerintah Kota Kediri pun terus berkomitmen menjaga sumber mata air dengan melaksanakan penanaman pohon secara bergilir di beberapa titik. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Nurlayla Ratri