Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kuliner

5 Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh Khas Malang 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Apr - 2024, 16:13

Placeholder
Salah satu wisatawan berbelanja keripik apel di Goedang Oleh-Oleh. (Foto: Instagram Official Goedang Oleh-Oleh)

JATIMTIMES - Ketika berkunjung ke Malang, Jawa Timur, tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas dari kota ini. Tak hanya dikenal sebagai Kota Bunga, di Malang juga terdapat beragam kue tradisional hingga makanan ringan yang lezat, yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Berikut ini lima tempat rekomendasi di Malang yang menawarkan oleh-oleh khas yang lezat dan unik:

1. Sentra Industri Tempe Sanan

1

Sentra Industri Tempe Sanan Malang adalah salah satu pusat produksi tempe yang terkenal di kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Wilayah Sanan, yang terletak di Kecamatan Blimbing, menjadi rumah bagi sejumlah besar pengrajin tempe yang telah mewarisi tradisi pembuatan tempe secara turun-temurun. Di sentra industri ini, para pengrajin tempe menggunakan metode tradisional untuk mengolah kedelai menjadi tempe berkualitas tinggi yang menjadi primadona baik di pasar lokal maupun nasional.

Tidak hanya merupakan tempat produksi tempe yang terkenal, tetapi juga menjadi destinasi untuk mencari oleh-oleh khas Malang. Di antara beberapa toko yang terkenal sebagai tempat oleh-oleh di kawasan tersebut adalah Toko Oleh-Oleh Lancar Jaya, Pusat Oleh-Oleh Khas Malang Karina, dan lainnya. Lokasi tempat oleh-oleh ini berada di sepanjang Jalan Tumenggung Suryo, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

2. Istana Oleh-Oleh Brawijaya

2

Istana Oleh-Oleh Brawijaya adalah sebuah toko oleh-oleh yang terletak di Jalan Diponegoro No.86, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Toko ini terkenal sebagai salah satu destinasi belanja yang populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang. Istana Oleh-Oleh Brawijaya menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Malang dan produk-produk souvenir yang unik dan menarik.

Di Istana Oleh-Oleh Brawijaya, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis oleh-oleh tradisional Malang, mulai dari makanan ringan seperti keripik tempe, keripik pisang, keripik jamur, hingga kue tradisional seperti bakpia. Selain itu, toko ini juga menyediakan berbagai macam souvenir yang mencerminkan keunikan budaya dan keindahan alam kota Malang, seperti kaos, gantungan kunci, mug, atau kalender bergambar pemandangan Malang.

3. Goedang Oleh-Oleh 

3

Goedang Oleh-Oleh adalah sebuah toko oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Simpang Tenaga Selatan II No.12, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Goedang Oleh-Oleh dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh khas Malang yang lezat dan unik. Toko ini menawarkan berbagai macam makanan ringan tradisional, kue-kue khas, serta souvenir-souvenir yang mencerminkan budaya dan keindahan kota Malang.

Di Goedang Oleh-Oleh, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis oleh-oleh khas Malang, seperti keripik tempe, keripik pisang, kue onde-onde, kue cubit, atau bakpia. Selain itu, toko ini juga menyediakan berbagai souvenir seperti gantungan kunci, kalender, mug, dan lain sebagainya yang dihiasi dengan gambar-gambar menarik yang menggambarkan keindahan alam dan budaya kota Malang.

4. Pia Cap Mangkok

4

Pia Cap Mangkok adalah salah satu toko pusat oleh-oleh khas Malang dengan produk Pia Cap Mangkok-nya yang telah menjadi pilihan oleh-oleh favorit wisatawan dan warga Malang sejak 1959.

Pia Cap Mangkok, diawali oleh pasangan Zabur Oetomo (Oei To Lam) dan Tri Pinarti (The Pin Nio) pada tahun 1959, meneruskan warisan resep dari para leluhur.

Produk Pia Cap Mangkok hadir dengan beberapa pilihan rasa kacang hijau, cokelat, keju, tangkwee, durian, kopi, green tea dan apel. Selain itu, tersedia berbagai pilihan kemasan, dari isi 5, 12 hingga 25. Toko Pusat Oleh Oleh Pia Cap Mangkok juga melayani pesan antar kota dan provinsi dan menyediakan berbagai paket produk oleh oleh sebagai kemudahan bagi pelanggan luar kota yang ingin membeli oleh oleh khas Malang. 

Baca Juga : PKB Siapkan Kader Maju sebagai Calon Bupati

Ada beberapa outlet Pia Cap Mangkok. Di antaranya, di Batu, Jalan Galunggung, Jalan Villa Tidar Indah, Ruko Grand Soekarno Hatta dan lainnya. 

5. Deduwa Oleh-Oleh 

5

Deduwa adalah salah satu toko oleh-oleh di Kota Wisata Batu. Toko pertamanya berada di Jalan Semeru no 42 Kota Wisata Batu dan saat ini juga ada di area pertokoan Batu Galeria jl. Diponegoro 74 Blok 9-21 Kota Wisata Batu. 

Sebagai toko oleh-oleh, Deduwa menyediakan berbagai macam pernak perknik kerajinan khas Kota Wisata Batu. Selain itu, di toko ini juga terdapat berbagai hasil olah para petani dan industri kecil di Kota Wisata Batu. Beberapa produk andalannya di antaranya cobek batu dari pengrajin di Desa Junrejo, sari apel dari berbagai merk, berbagai macam keripik buah, camilan khas dan juga kaos yang diproduksi sebagai souvenir Kota Wisata Batu.

Demikian 5 rekomendasi tempat oleh-oleh Khas Malang yang bisa jadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Malang Raya. Jangan lupa mampir ya!


Topik

Kuliner Oleh-oleh Kota Malang toko oleh oleh



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni