Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

DPC PKB Kota Blitar Siap Tempur di Pilkada 2024, Bakal Usung Calon Sendiri 

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

19 - Apr - 2024, 15:24

Placeholder
Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto

JATIMTIMES - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar serius menghadapi Pilkada Kota Blitar 2024. Mengantongi lima kursi di DPRD Kota Blitar pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, PKB Kota Blitar kini tengah mempertimbangkan opsi untuk mengusung pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota dari internal partai.

Menurut Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto, partainya telah melakukan pembahasan internal terkait persiapan menghadapi Pilkada 2024. "Komunikasi antar semua ketua partai juga sudah kami lakukan," ungkap Yasin dalam pernyataannya pada Jumat (19/4/2024).

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Yasin juga menegaskan bahwa PKB Kota Blitar bersama dengan PDI Perjuangan merupakan dua partai politik yang memiliki potensi untuk mengusung calon sendiri di Pilkada Kota Blitar 2024. Meskipun begitu, PKB Kota Blitar juga tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai politik lain.

"Sudah banyak opsi yang muncul, teman-teman dari Golkar, PAN, Gerindra, dan Demokrat sudah merapat. Termasuk dengan PDIP dan PPP. Tinggal nanti titik kesepakatannya seperti apa, semua parpol masih saling menjalin komunikasi," jelas Yasin.

Meskipun belum ada keputusan resmi terkait koalisi dengan partai politik lain, PKB Kota Blitar telah melakukan persiapan untuk menghadapi Pilkada 2024 dengan serius. Bahkan, beberapa nama dari internal PKB Kota Blitar telah muncul sebagai calon potensial untuk posisi wali kota dan wakil wali kota.

Salah satu nama yang muncul adalah Yasin Hermanto sendiri, yang sebelumnya pernah maju sebagai calon wakil wali kota di Pilkada Kota Blitar 2020. "Mungkin (PKB) berangkat sendiri, mengusung paslon sendiri, didukung siapa atau mengusung paslon sendiri koalisi dengan siapa. Untuk calon masih dalam penggodokan," tambah Yasin.

Meskipun demikian, Yasin juga menyatakan bahwa keputusan akhir terkait calon wali kota dan wakil wali kota PKB Kota Blitar masih dalam proses penggodokan. "Memang sudah muncul nama-nama di internal PKB tapi rekomendasinya ke siapa masih belum tahu," jelasnya.

Baca Juga : Polres Kediri Buka Layanan Pendaftaran Polri Tahun 2024

Terkait kemungkinan majunya Yasin Hermanto kembali sebagai calon di Pilkada 2024, Yasin menyatakan kesiapannya. "Kalau saya, itu sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai ketua partai, Insyaallah saya maju lagi. Entah jadi calon wali kota atau calon wakil wali kota, tergantung nanti," ujarnya dengan tegas.

PKB Kota Blitar juga berencana untuk membuka pendaftaran penjaringan bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota. Namun, hal ini masih dalam tahap perencanaan lebih lanjut. "Kemungkinan, kami juga buka penjaringan bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota, tapi sekarang masih belum saatnya," ungkap Yasin Hermanto.

Dengan persiapan yang matang dan potensi untuk mengusung calon sendiri, PKB Kota Blitar siap untuk bersaing dalam Pilkada Kota Blitar 2024. Meskipun demikian, keputusan akhir terkait strategi politik dan calon yang akan diusung masih menjadi bahan perdebatan internal dalam partai tersebut.


Topik

Politik pb kota blitar yasin hermanto pilkada kota blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya