Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Dishub Kota Blitar Bangun Palang Pintu KA Dapat Support Dana Pemprov Jatim Rp 400 Juta

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

19 - Apr - 2024, 13:02

Placeholder
Kepala Dishub Kota Blitar, Juari.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Dalam upaya meningkatkan keselamatan pengguna jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar bersama dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) membangun lagi satu palang pintu Kereta Api (KA) di perlintasan sebidang jalan Bakung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar, Juari, mengungkapkan bahwa proyek pembangunan ini telah direncanakan sejak tahun sebelumnya. Namun, pada saat itu, usulan anggaran pembangunan belum mendapat persetujuan dari Pemprov Jatim.

Baca Juga : Lonjakan 10%, Kabupaten Blitar Alami Peningkatan Volume Sampah saat Lebaran

"Proyek pembangunan palang pintu KA di Jalan Bakung ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu. Sayangnya, saat itu usulan anggaran pembangunan ke Pemprov Jatim belum disetujui," ujar Juari pada Kamis (18/4/2024). 

Baru pada awal tahun ini, Pemprov Jatim akhirnya menyetujui memberikan bantuan dana sebesar Rp. 400 juta untuk pembangunan palang pintu KA tersebut. Saat ini, pembangunan palang pintu KA di Jalan Bakung sedang berlangsung dengan cukup lancar. Selain itu, Dinas Perhubungan juga akan menyiapkan petugas penjaga perlintasan untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jalan.

Menurut Juari, keberadaan petugas penjaga perlintasan ini sangat penting untuk memastikan keselamatan pengguna jalan di sekitar perlintasan kereta api.

 "Sekarang sudah dimulai pembangunannya. Nah itu nanti juga akan kita lengkapi dengan petugas jaganya. Karena selama ini yang menjadi kendala daerah lain itu merekrut penjaga perlintasan," tambahnya.

Baca Juga : Perbaikan Pipa Bocor di Ranugrati Ditarget Rampung sebelum Salat Jumat

Pembangunan palang pintu KA di Jalan Bakung ini menjadi wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam menjaga keselamatan pengguna jalan, terutama mengingat frekuensi lalu lintas di jalur tersebut yang cukup tinggi. Dengan adanya palang pintu KA dan petugas penjaga perlintasan, diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan di perlintasan sebidang jalan Bakung, khususnya bagi pengendara roda dua yang sering melintas di area tersebut.


Topik

Pemerintahan Dishub Kota Blitar juari palang pintu ka



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya