Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Ini Cara Forpimka Kecamatan Glagah Menjaga Kamtibmas Wilayah

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Nurlayla Ratri

18 - Apr - 2024, 19:51

Placeholder
Para Juara lomba Siskamling bersama Forpimka Kecamatan Glagah di Aula Serba Guna Kecamatan Glagah Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Selama bulan Ramadan diperkirakan tindak kejahatan mengalami peningkatan. Polsek Glagah Banyuwangi berinisiatif agar kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) lebih ditingkatkan.

Caranya, dengan menggelar lomba siskamling tingkat desa/kelurahan yang mendapatkan dukungan dari Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Glagah.

Baca Juga : Ning Umi Laila Sindir Rhoma Irama, Buya Yahya Berikan 7 Tips Didik Anak agar Pintar dan Tidak Nakal hingga Dewasa

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolsek Glagah AKP Pudji Wahyono, seusai acara Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H yang digelar di Aula Serba Guna Kecamatan Glagah, Kamis (18/4/2024).

“Dengan tujuan untuk memotivasi warga agar open dalam melaksanakan pengamanan dan menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing. Alhamdulillah dengan diadakan lomba itu Siskamling di daerah bermunculan. Situasi di wilayah Glagah kondusif dan tidak ada kejadian yang menonjol dengan adanya Siskamling tersebut,” ujar AKP Pudji Wahyono.

Dia menuturkan pihaknya mengusulkan kepada Lurah dan Kepala Desa (Kades) setidak-tidaknya di masing-masing wilayah mempunyai satu pos kamling yang standar dan menjadi percontohan.

“Semua peralatan dan kelengkapan harus ada misalnya borgol, senter, jam dinding, tongkat dan lain sebagainya. Peralatan tersebut sebagai barang inventaris yang menunjang petugas piket di pos kamling,” imbuh AKP Pudji Wahyono.

Untuk lebih mengoptimalkan keberadaan pos kamling di desa / kelurahan, Kapolsek Glagah akan bersinergi dan kolaborasi dengan Puskesmas setempat. Salah satunya untuk mengadakan pelatihan penanganan pertama yang tepat apabila terjadi kecelakaan di sekitar pos kamling.

Kemudian dalam bidang kepolisian, lanjut dia, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada warga terkait teknis penanganan pelaku tindak kejahatan mulai awal sampai mengantar kepada aparat kepolisian.

AKP Pudji Wahyono menambahkan untuk hasil lomba Siskamling setelah melakukan musyawarah dengan Forpimka Glagah, maka 3 (tiga) besar pemenang lomba Siskamling adalah; Juara 1 Kelurahan Banjarsari, Runner Up Desa Rejosari dan Juara 3 Kelurahan Bakungan.

Baca Juga : Proses Refund Mafest Vol. 3 Tak Kunjung Ada Kejelasan, Polresta Malang Kota Buka Layanan Pengaduan

Sebelumnya Camat Glagah, Sri Widiyanto dalam acara Halal Bihalal tersebut mengungkapkan setelah sama-sama satu bulan melaksanakan ibadah puasa Ramadan dia berharap semoga amal ibadah diterima Allah SWT.

Selanjutnya dia menyatakan atas nama pribadi dan Forpimka Glagah minta maaf apabila ada salah dan khilaf selama mengemban amanah menjadi pimpinan di wilayah Glagah.

“Untuk mengoptimalkan pembinaan TPQ kami akan mengupayakan agar Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) bisa melakukan koordinasi dengan MUI Kecamatan Glagah,” ujar Sri Widiyanto.

Hadir dalam acara Halal Bihalal tersebut antara lain; Forpimka kecamatan Glagah, Kepala KUA, Ketua MUI, Kepala Sekolah SMP, SMA dan SMK yang ada di wilayah Glagah, Kepala Satkorwildik Kecamatan Glagah dan Lurah/Kades beserta istri.

Selain itu  Tim Penggerak PKK Glagah, Ormas Islam seperti; NU, Muhammadiyah dan LDII. PPK dan Panwascam Glagah, TKSK, Pendamping PKH dan tokoh masyarakat serta beberapa undangan lain.


Topik

Peristiwa Banyuwangi Glagah lomba siskamling



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Nurlayla Ratri