Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Viral Kakak Beradik Bermusuhan Lima Tahun Lamanya, Netizen: Aneh Nih Keluarga

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

18 - Apr - 2024, 18:14

Placeholder
Kakak beradik yang bermusuhan lima tahun. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Video dua kakak beradik disebut bermusuhan selama 5 tahun, viral di media sosial. Bahkan, mereka juga tampak enggan saling memaafkan saat dipertemukan oleh ibunya di Hari Raya Idul Fitri 2024.

Lucunya, mereka tak bertegur sapa mesti tinggal serumah dengan orang tuanya. Alhasil, keluarga dari kakak beradik tersebut mendapat komentar pedas dari netizen. 

Baca Juga : Viral Bocah Asal Aceh Mirip Rafathar, Bagai Pinang Dibelah Dua

Adapun kabar mengenai kakak beradik bermusuhan selama lima tahun itu diketahui dari unggahan akun X @sosmedkeras. Dalam video yang dibagikan, terlihat seorang pemuda yang disebut sebagai kakak tengah dinasehati oleh seorang perempuan yang diduga ibu dari pemuda tersebut. 

Perempuan yang diduga ibu dari pemuda itu berusaha agar kakak beradik itu kembali bertegur sapa dan berhenti bermusuhan. Ia pun meminta agar pemuda itu mengalah dan meminta maaf pada sang adik. 

"Yaudah makanya buruan, Mama nangis ni!," katanya sambil terus meminta sang anak bermaaf-maafan.

"Pokoknya udah selesai ni ya, janji ya!" kata Mamanya lagi. 

Dalam video itu, sejumlah orang di dalam rumah juga menyuruh mereka segera bermaafan.

"Ayo Dit, buruan Dit!" kata seorang pria.

"Malu Dit! Tetangga udah ngomongin. Dit, maafin kakak ya? Udah itu doang. Buruan!" katanya lagi.

Akhirnya, pemuda itu mau meminta maaf dan memeluk adiknya walaupun dengan dibantu sang ibu.

Video tersebut pun banjir komentar. Banyak netizen yang heran kenapa ada kakak beradik yang seperti itu hingga bertahun-tahun tak tegur sapa. Mereka pun menyoroti keluarga kakak beradik tersebut dan menyebutnya keluarga yang aneh. 

"Aneh nih keluarga, " Ujar @Lisna***.

"orang tuanya aneh. 5 tahun didiemin bae.. setahun lagi lulus SD lu." Sahut @wata***.

"Rukiyah sekeluarga,doa makan kambing bagi ke yatim, " Kata @Gunner***.

Hukum Bermusuhan dalam Islam

Islam melarang muslim untuk marah, memutus hubungan, saling membenci, hingga tidak bertegur sapa dengan saudara sesama muslimnya selama lebih dari tiga hari. Hal ini bersumber dari sabda Rasulullah SAW dalam haditsnya.

Hadits tersebut dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud. Rasulullah SAW bersabda, ganjaran bagi pelakunya adalah neraka bagi mereka yang berseteru.

لا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَن يَهْحُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثٍ، فَمَنْ هَجَرَ فَوْقَ ثَلَاثٍ فَمَات دَخَلَ النَّار

Artinya: "Tidak halal bagi seorang muslim untuk tidak bertegur sapa pada saudaranya lebih dari tiga hari lalu meninggal dunia maka ia akan masuk ke dalam neraka." (HR Abu Dawud)

Baca Juga : JPU Buka Kronologi Tragedi Pengeroyokan Santri di Kabupaten Blitar Berujung Maut

Dikutip dari Ihya' Ulumuddin 5 oleh Imam al-Ghazali, dalam riwayat lainnya disebutkan hal serupa. Abu Ayyu Al Anshari RA mengutip sabda Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa siapapun yang terbaik di antara mereka adalah orang yang menyapa lebih dahulu.

"Seorang muslim dilarang untuk tidak bertegur sapa dengan saudara muslim lainnya melebihi tiga malam. Dulu keduanya saling tegur dan sapa, lalu yang satu berpaling (tidak tegur sapa) dari saudaranya, begitu juga yang lain, tidak pula menyapanya. Adapun yang terbaik di antaranya keduanya adalah yang lebih dulu memberi salam." (HR Muttafaq 'alaihi)

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW menegaskan ancaman Allah SWT pada muslim yang tidak saling bertegur sapa dengan muslim lainnya dengan menangguhkan ampunan dosa mereka yang tengah berseteru tersebut. Hal itu dilakukan setiap hari Senin dan Kamis saat amal diperlihatkan dan diperhitungkan.

Keterangan tersebut bersumber dari hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ فِي كُلِّ يَوْمٍ خَمِيْسٍ وَ اثْنَيْنِ فَيَغْفِرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ لِكُلِّ امْرِئٍ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلَّا امْرَأَ كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيْهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ ارْكُوْا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا ارْكُوْا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya: "Pada setiap hari senin dan Kamis seluruh amal perbuatan diperlihatkan dan diperhitungkan. Maka, Allah mengampuni bagi setiap orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali seorang yang saat itu sedang ada perseteruan antara ia dengan saudaranya. Kemudian Allah berfirman, 'Tinggalkan kedua orang ini sampai keduanya saling berbaikan.'" (HR Muslim)

Keutamaan Saling Memaafkan Sesama

Rasulullah SAW lebih menganjurkan muslim untuk saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Mereka yang berbesar hati memaafkan akan menerima ganjarannya di hari kiamat kelak.

"Barang siapa memaafkan kesalahan seorang muslim, niscaya Allah akan memaafkan kesalahannya pada hari kiamat nanti."

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya harta tidak akan berkurang karena sedekah. Dan Allah sekali-kali tidak akan menambah kemuliaan seseorang kecuali karena dia suka memaafkan kesalahan orang lain. Allah juga mengangkat derajat seseorang yang rendah hati karena Allah."

Sikap tersebut juga dicontohkan Rasulullah SAW sebagaimana yang diceritakan Aisyah RA. Ia berkata, "Rasulullah SAW tidak pernah menaruh dendam karena kesalahan pribadi seseorang kecuali karena melanggar hak Allah."

Allah SWT berfirman dalam surah Al Hujurat ayat 10 bahwa semua orang-orang mukmin itu saudara layaknya hubungan persaudaraan dalam nasab. Sebab, ada kesamaan unsur keimanan di antaranya.

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah kedua saudaramu (yang bertikai) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu dirahmati.


Topik

Serba Serbi berita viral hukum bermusuhan dalam islam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana