Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Advertorial

Grebeg Kupat Kota Batu, Tumpeng Ketupat Raksasa Ludes Jadi Rebutan Warga

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

17 - Apr - 2024, 19:00

Placeholder
Tumpeng ketupat raksasa diserbu warga saat Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan Kota Wisata Batu, Rabu (17/4/2024).(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Gelaran Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan yang digelar di Kota Batu pada H+7 Lebaran berlangsung meriah, Rabu (17/4/2024). Kegiatan yang dilakukan perdana di Kota Batu untuk mengangkat tradisi umat Islam Jawa itu disambut antusias oleh masyarakat. Tumpeng ketupat raksasa yang selesai diarak diserbu warga hingga ludes dalam waktu sebentar.

Dalam rangkaian kegiatan itu, tumpeng ketupat diarak bersama tumpeng lain dari hasil bumi Kota Batu. Tumpeng itu diarak mulai dari rumah dinas wali kota Batu Menuju Alun-Alun Kota Batu, diiringi dengan kesenian drum band dan rombongan duta wisata Kota Batu.

Tumpeng hasil bumi ikut diarak ke Alun-alun Kota Batu.

Menurut pantauan di lokasi, sejumlah pengunjung terlihat antusias mengikuti kirab budaya tumpeng kupat. Tampak  lima iring-iringan kelompok tumpeng, baik tumpeng kupat raksasa, tumpeng apel, tomat dan hasil bumi lain. Diikuti kesenian karawitan dan drum band di depan dan belakang para rombongan hingga ke depan panggung di Alun-Alun Kota Batu serta dilakukan pembukaan dan pembacaan doa.

Suasana Grebek Kupat Tumpeng Syawalan Kota Wisata Batu 2024 di Alun-alun.

Sesaat pasca-doa dibacakan, warga langsung berebut isi tumpeng kupat dan tumpeng lain di temgah jalan dengan antusias. Tampak anak-anak, remaja hingga dewasa berebut meraih makanan. Mereka juga mengharapkan keberkahan atas tradisi itu sekaligus sebagai simbol syukur nikmat. 

Sekitar 1.445 ketupat disiapkan panitia untuk bisa diambil dan dibawa pulang oleh pengunjung.

Warga berebut hasil bumi saat Grebek Kupat Tumpeng Syawalan Kota Wisata Batu.

"Semangat kembali ke fitrah diwujudkan bersama dengan rasa syukur. Kegiatan ini dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyyah kita masyarakat Kota Batu," ungkap Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Efisiensi.

Baca Juga : Ning Umi Laila Sindir Rhoma Irama, Buya Yahya Berikan 7 Tips Didik Anak agar Pintar dan Tidak Nakal hingga Dewasa

 

Ia menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan event perdana Grebeg Kupat Tumpeng Syawal itu. Menurut dia, grebeg tumpeng sebagai salah satu ajang silaturahmi dapat terus ditingkatkan dan diadakan setiap momen pasca-Lebaran. Menurut dia, perlu kolaborasi lebih masif melibatkan stakeholder terkait dan banyak OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Tumpeng rakdasa diarak ke Alun-alun Kota Batu dalam Grebek Kupat Tumpeng Syawalan.

"Ke depan agar lebih meriah lagi dan lebih baik lagi sesuai yang diharapkan. Tahun depan untuk tumpeng bisa lebih besar lagi dan banyak yang mengiringi dengan kekayaan hasil buah-buahan," imbau Zadim.


Topik

Advertorial Grebeg kupat Hari Raya Ketupat Pemkot Batu Kota Batu event wisata budaya jaga tradisi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy