Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Lebaran Ketupat 2024, Alun-alun Kota Batu Disesaki Pengunjung

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Dede Nana

17 - Apr - 2024, 19:05

Placeholder
Alun-alun Kota Batu Sasak pengunjung di H+8 lebaran atau momen lebaran ketupat.(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Suasana libur lebaran 1445 H/2024 di Alun-alun Kota Batu sempat menunjukkan naik turun pengunjung. Namun pada hari ketujuh dan delapan lebaran pengunjung kembali memadati area alun-alun. Momen sepekan pasca lebaran ini juga bertepatan dengan perayaan hari raya atau lebaran ketupat atau Kupatan dalam tradisi jawa.

Menurut pantauan Rabu (17/4/2024), aktivitas ekonomi mikro di Alun-alun Kota Batu menggeliat dengan pengunjung yang lebih ramai dibandingkan hari biasa sebelumnya. Tampak area parkir di sebelah barat alun alun-alun tampak penuh oleh sepeda motor pengunjung. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Begitupun di sebelah selatan, parkir sepeda motor juga penuh. Sedangkan di dalam alun-alun, wisatawan tampak duduk menikmati suasana sambil menunggu anak. Di area bermain juga dipadati anak-anak yang sedang bermain. 

"Saya memang menyempatkan liburan di hari ketujuh Lebaran karena lebih sepi dan sudah selesai berkunjung ke rumah keluarga," kata Wibowo, wisatawan asal Kabupaten Ngawi saat ditemui, Rabu (17/4/2024).

Dikatakan, Wibowo merupakan seorang pengusaha, sehingga ia bebas menentukan hari libur bersama keluarga. Dirinya memilih liburan di hari ketujuh lebaran sambil berkunjung ke sanak keluarga. 

"Kalau disini kan murah meriah. Cocok untuk menikmati suasana. Anak-anak juga nyaman bermain di sini," tambahnya.

Disampaikan Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardianto bahwa kunjungan wisatawan di Alun-Alun Kota Batu pada momentum lebaran kali ini meningkat sekitar dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Kalau akhir pekan dalam sehari biasanya sekitar 300- 500 orang. Sedangkan di libur Lebaran, 1.000 wisatawan dalam sehari berkunjung ke Alun-alun Kota Batu," ujarnya.

Baca Juga : Grebek Kupat Tumpeng Syawalan Kota Batu Bakal Jadi Event Tahunan Wisata Budaya

Untuk diketahui, Menurut tradisi masyarakat Indonesia, terutama Jawa, Lebaran Ketupat adalah penyempurna momen kemenangan Idulfitri. Lebaran Ketupat, atau Lebaran Kupat biasanya diadakan tujuh hari atau satu minggu setelah Idulfitri, kebiasaan ini kabarnya diperkenalkan pertama kali pada zaman Sunan Kalijaga.

Kala itu, Raden Mas Said, nama asli Sunan Kalijaga, memperkenalkan dua istilah penting, yakni Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Lebaran adalah tradisi silaturahim dan memaafkan setelah salat Idul Fitri, sedangkan Bakda Kupat merupakan perayaan seminggu setelah Idul Fitri.

Di era Walisongo, Lebaran Kupat ini biasanya dirayakan dengan memanfaatkan tradisi slametan yang telah berkembang di masyarakat Jawa. Ketika itu, tradisi ini juga menjadi sarana para wali untuk mengenalkan ajaran Islam mengenai cara bersyukur kepada Tuhan, bersedekah, dan bersilaturahmi.


Topik

Wisata alun alun kota batu lebaran ketupat 2024 kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Dede Nana