Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kabupaten Malang 2024

PDIP akan Komunikasi dengan Semua Parpol untuk Pencalonan Sanusi, Saat Ini Masih Tiga Parpol

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Apr - 2024, 18:35

Placeholder
Bupati Malang sekaligus fungsionaris PDI Perjuangan Kabupaten Malang yakni HM. Sanusi saat ditemui di Pendapa Kantor Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Rabu (17/4/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menjalin komunikasi dan konsolidasi dengan semua partai politik (parpol) untuk pencalonan HM. Sanusi sebagai Bakal Calon Bupati Malang dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang tahun 2024. 

Hal itu diungkap langsung oleh Sanusi yang merupakan sosok incumbent atau petahana kepala daerah yang direncanakan akan kembali diusung oleh PDIP dalam Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024 usai menghadiri silaturrahmi dan halal bi halal bersama para camat dan kepala desa di Pendapa Kantor Kecamatan Gondanglegi. 

Baca Juga : Khawatir Proyek Tol Probowangi Berdampak ke UMKM di Situbondo, Anggota Komisi VI DPR RI Sarankan Hal Ini

Sanusi mengatakan, bahwa komposisi parpol yang bakal diajak untuk koalisi seperti pada saat pencalonan HM. Sanusi dan Didik Gatot Subroto di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020. Di mana pada momentum politik itu, kedua tokoh ini menggunakan nama singkatan SanDi di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020. 

"Semua partai nanti kita ajak berkoalisi kayak (Pilkada) tahun kemarin (tahun 2020). Kemarin kan semua partai berkoalisi dengan SanDi. Ke depannya bisa seperti itu," ungkap Sanusi kepada JatimTIMES.com, Rabu (17/4/2024). 

Namun, untuk sementara ini, Sanusi mengatakan bahwa saat ini PDIP telah menjalin komunikasi dengan tiga parpol terkait rencana pembentukan koalisi besar dalam Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. 

Tiga parpol yang sudah melakukan komunikasi intens dengan PDIP yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). 

Di mana pada Pemilu 2024 lalu, keempat parpol yang sudah menjalin komunikasi politik ini juga meraih kursi anggota DPRD Kabupaten Malang yang cukup tinggi. 

Untuk PDIP mendapatkan 13 kursi, PKB mendapatkan 11 kursi, Partai Golkar mendapatkan delapan kursi dan Partai Gerindra mendapatkan delapan kursi. Dengan komposisi koalisi empat parpol ini, nantinya Sanusi akan melenggang dengan tenang pada pertarungan Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. 

Baca Juga : Bupati Sanusi Mengaku akan Dimajukan Kembali di Pilkada 2024, Ini Sosok Pendampingnya

Namun, terkait keputusan untuk menjalin koalisi dengan tiga parpol lainnya tersebut kembali kepada keputusan DPP PDIP serta kesediaan dari ketiga parpol tersebut. 

"Itu nanti keputusan partai. Yang jelas sudah ada komunikasi antara PDI Perjuangan dengan PKB, juga dengan pengurus Golkar, pengurus Gerindra, kita sudah komunikasi," tutur Sanusi. 

Sementara itu, seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa Sanusi direncanakan bakal diusung kembali pada Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. Hal itu berdasarkan keputusan rapat DPC PDIP se-Jawa Timur yang menetapkan bahwa petahana kepala daerah akan dimajukan kembali pada Pilkada serentak 2024.
 


Topik

Politik Pilkada Kabupaten Malang Kabupaten Malang pilkada hm sanusi pdi perjuangan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni