Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemkab Blitar Rencanakan Pembangunan 42 Pantai di Jalur Lintas Selatan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Apr - 2024, 18:20

Placeholder
Kepala Disbudpar Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso. (Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar telah mengumumkan rencananya untuk mempercantik 42 pantai yang tersebar sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS), sebagai bagian dari upaya meningkatkan potensi pariwisata daerah.

Proyek ini menjadi sorotan karena seiring dengan tersambungnya JLS Malang-Blitar-Tulungagung, Pemkab Blitar berkomitmen untuk meningkatkan daya tarik wisata pantai di wilayah tersebut.

Baca Juga : Apel Persiapan Pengamanan Parade Daol, Ini Pesan Kapolres Sampang

Menurut Suhendro Winarso, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar, Pemkab Blitar telah melakukan langkah awal yang signifikan dengan menyusun masterplan dan detail desain teknis (DED) untuk mempercantik sejumlah pantai di Bumi Penataran tersebut. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya serius dalam memajukan sektor pariwisata di wilayah tersebut. 

Suhendro menjelaskan dengan penuh semangat bahwa proses penyusunan masterplan dan DED ini merupakan hasil dari kolaborasi antara berbagai pihak terkait, termasuk instansi pemerintah terkait, organisasi masyarakat, serta ahli-ahli di bidang pariwisata dan desain.

"Dalam menyusun masterplan dan DED ini, kami melibatkan banyak pihak. Kami bekerja sama dengan OPD-OPD terkait, seperti Bappeda dan PU. Kami ingin memastikan bahwa setiap langkah yang kami ambil memiliki landasan yang kokoh dan mendapat dukungan luas dari berbagai pihak," ungkap Suhendro pada Rabu (17/4/2024).

Lebih jauh lagi, Suhendro menegaskan bahwa proses penyusunan ini tidak hanya sekadar tentang estetika visual semata, tetapi juga mempertimbangkan aspek-aspek penting lainnya seperti keberlanjutan lingkungan, keterjangkauan fasilitas bagi masyarakat lokal, serta kemampuan untuk menarik wisatawan dari berbagai segmen. 

"Kami tidak hanya berfokus pada penampilan visual semata, tetapi juga memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan. Kami ingin memastikan bahwa pembangunan ini tidak merusak lingkungan alam sekitar, tetapi justru menjadi bagian dari upaya pelestarian alam yang lebih luas," tambahnya.

Jalur Lintas Selatan di Kabupaten Blitar memiliki panjang mencapai 163 kilometer, dengan hanya sebagian kecil yang telah terhubung. Namun, Pemkab Blitar tengah mengupayakan proses pengerjaan bagi bagian yang masih dalam tahap pengembangan. Dalam waktu dekat, upaya pemolesan dan pembangunan fasilitas penunjang akan dimulai secara bertahap.

"Saat ini, rancangan untuk mempercantik wajah puluhan pantai di Bumi Penataran tersebut telah dibuat oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar. Penambahan fasilitas penunjang wisata juga akan dilakukan, demi bisa menarik lebih banyak wisatawan," tambah Suhendro.

Suhendro menjelaskan bahwa pihaknya telah menyusun gambaran konsep yang indah untuk mempercantik pantai-pantai tersebut.

Baca Juga : BMKG Sebut Gempa di Jatim M 4,9 Hari Ini, Termasuk Rangkaian Gempa Bawean M 6,0

 "Kami sudah buatkan gambaran supaya indah. Tanamannya yang menanam DLH, tapi kami yang membuat konsep. Rest area-nya kami akan menyampaikan detail konsepnya yang bagus seperti ini lo, yang bangun PU," imbuhnya.

Kerjasama dengan berbagai pihak juga akan ditingkatkan untuk merealisasikan rencana pempercantikan pantai. Beberapa pantai telah mulai mendapatkan sentuhan dari Pemkab Blitar, dengan harapan bahwa perbaikan ini akan menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi pengunjung.

"Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar pun akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk mempercantik sejumlah pantai yang ada. Saat ini sejumlah pantai juga mulai mendapatkan sentuhan dari Pemkab Blitar," jelas Suhendro.

Diharapkan, dengan adanya perbaikan ini, pengunjung akan dapat menikmati nuansa yang lebih memikat saat berkunjung ke pantai-pantai di sekitar JLS. Suhendro menyatakan bahwa proses pempercantikan akan dilakukan secara bertahap, dengan penekanan pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian dalam manajemen pariwisata.

Meskipun pantai-pantai di Kabupaten Blitar telah memiliki keindahan alami yang memukau, pempercantikan yang direncanakan diharapkan dapat meningkatkan daya tariknya sebagai destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.


Topik

Pemerintahan Pemkab Blitar Pantai Blitar jls jalur lintas selatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni