Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Bupati Blitar: Kirab Ketupat Cokelat Buka Pintu Promosi Wisata Internasional

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Apr - 2024, 17:39

Placeholder
Bupati Rini Syarifah saat memberikan sambutan di acara Kirab Budaya 2000 Ketupat Cokelat. (Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)

JATIMTIMES- Kemeriahan merayakan tradisi Kirab Ketupat Cokelat di Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar pada tahun ini semakin mencuri perhatian. Acara yang diadakan pada hari ketujuh perayaan Idul Fitri ini telah menjadi sorotan setiap tahun, mengundang ribuan wisatawan dari berbagai penjuru untuk merasakan keindahan dan keunikan budaya Jawa. 

Dalam suasana yang penuh semangat, Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah, memberikan sambutannya, menyoroti betapa pentingnya pelestarian budaya Kirab Tumpeng Ketupat Cokelat sebagai bagian tak terpisahkan dari warisan lokal yang harus dijaga dengan baik. Dengan suara tegas dan penuh harapan, bupati menekankan bahwa Kirab Budaya 2000 Ketupat Cokelat bukan sekadar ajang merayakan tradisi lokal, melainkan juga merupakan peluang besar untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah kepada dunia internasional.

Baca Juga : Mudik Lebaran 2024, Ribuan Pemudik Kunjungi Bale Santai Honda Jatim

"Kegiatan seperti Kirab Budaya 2000 Ketupat Cokelat tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan tradisi kita, tetapi juga peluang untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah kepada dunia luar," ujar Bupati Rini Syarifah, saat memberikan sambutan di Kirab Budaya 2009 Ketupat Cokelat, Rabu (17/4/2024). 

Bupati Rini juga mengapresiasi kontribusi dari PT. Kampung Coklat yang telah berperan besar dalam menggerakkan sektor pariwisata di Kabupaten Blitar. Menurutnya, keberadaan wisata edukasi Kampung Coklat tidak hanya memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal, tetapi juga berhasil menekan tingkat pengangguran.

"Dalam Tahun 2023, kita berhasil menekan tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari 5,45% menjadi 4,91%, sebuah pencapaian yang luar biasa. Hal ini menunjukkan bahwa obyek wisata edukasi seperti Kampung Coklat memiliki potensi besar dalam menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan ekonomi lokal," ungkap bupati. 

Dengan penuh harapan, Bupati menyampaikan pesan bahwa pengelolaan obyek wisata edukasi ini harus terus dilakukan dengan pendekatan inovatif dan kreatif.

 "Kami berharap agar semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Kampung Coklat, dan hal ini bisa menjadi dorongan bagi kunjungan wisatawan ke obyek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Blitar," tambahnya.

Baca Juga : Operasi Ketupat Semeru 2024 Berakhir, Kapolres Apresiasi Peran Serta Masyarakat

Bupati juga menetapkan target ambisius untuk kunjungan wisatawan tahun ini, dengan harapan melampaui angka 3 juta wisatawan. "Kunjungan wisatawan di Kabupaten Blitar pada Tahun 2023 telah mencapai 2,8 juta, naik sebesar 9,10% dari tahun sebelumnya. Untuk itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan promosi dan fasilitas pariwisata guna menarik lebih banyak pengunjung ke Kabupaten Blitar," tegasnya.

Dengan segala usaha dan dukungan, Kirab Ketupat Cokelat di Kampung Coklat Blitar tidak hanya menjadi perayaan lokal yang meriah, tetapi juga menjadi jendela bagi dunia untuk melihat kekayaan budaya dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Blitar. Semangat pelestarian budaya dan promosi pariwisata yang digelorakan oleh Bupati Blitar membawa harapan baru bagi kemajuan dan peningkatan eksistensi daerah ini dalam kancah internasional.


Topik

Wisata Pemkab Blitar Bupati Blitar rini syarifah ketupat lebaran ketupat lebaran Kirab Tumpeng Ketupat Cokelat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni