Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Khawatir Proyek Tol Probowangi Berdampak ke UMKM di Situbondo, Anggota Komisi VI DPR RI Sarankan Hal Ini

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Apr - 2024, 16:51

Placeholder
Nasim Khan, Anggota Komisi VI DPR RI saat melakukan kunker di Kabupaten Situbondo. (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Proyek strategis nasional (PSN) jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) yang diperkirakan akan melewati Kabupaten Situbondo dikhawatirkan oleh beberapa pihak termasuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) akan berdampak buruk pada perkembangan usaha.

Kekhawatiran pelaku UMKM tersebut didengar oleh Anggota Komisi VI DPR RI, dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Nasim Khan, dirinya menyatakan akan menyampaikan aspirasi masyarakat Situbondo dalam Raker dan RDP bersama Menteri BUMN dan Pihak Jasa Marga, serta pihak terkait lainnya.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Nantinya, dalam rapat tersebut pihaknya akan meminta kepada Pemerintah pusat untuk pembangunan jalan Tol Probolinggo Banyuwangi, proyeknya hanya berhenti di wilayah Kecamatan  Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur saja. Karena menurut Nasim jika memang benar proyek pembangunan Jalan Tol Probowangi ini terjadi dan bisa tembus hingga Kabupaten Banyuwangi, maka dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Situbondo.

Jika diteruskan hingga tembus Kabupaten Banyuwangi, kata Nasim dampak sangat besar akan terjadi pada pertumbuhan UMKM, sebab dengan adanya jalan tol tersebut, maka akses jalan untuk kendaraan menuju kearah timur tidak melewati jalur bawah atau tidak melewati wilayah Kabupaten Situbondo.

"Demi menyampaikan aspirasi tersebut  pihaknya akan meminta kepada Pemerintah Pusat agar pembangunan Jalan Tol Probowangi yang sudah dilaksanakan selesai sampai di wilayah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo saja," terangnya, Rabu (17/4/2024).

Ketika proyek pembangunan jalan tol ini bisa tembus sampai Kabupaten Banyuwangi, maka pihaknya mengkhawatirkan pertumbuhan ekonomi dan penghasilan para pelaku UMKM di Kabupaten Situbondo akan mengalami turun total.

"Mudah mudahan semua usulan yang saya sampaikan dalam rapat kerja nanti bisa diterima oleh semua pihak, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat Situbondo ini bisa benar- benar terwujud," terangnya.

Lebih lanjut, Nasim Khan menjelaskan, memang benar di dalam Perpres sudah tertuang bahwa proyek Pembangunan Jalan Tol Probowangi jalur Jawa Timur ujung sampai ke Kabupaten Banyuwangi. Namun setelah melihat kondisi yang terjadi saat ini, khususnya Kabupaten Situbondo yang dilewati jalan tol akan jelas- jelas dirugikan.

"Tetapi kalau melihat persoalan saat ini, yang mana proses pembebasan tanahnya masih banyak yang bermasalah, sehingga berakibat terhadap jalannya proyek pembangunan jalan tol yang dikerjakan berhenti hanya sampai di wilayah  barat Situbondo saja," usulnya.

Baca Juga : Bupati Sanusi Mengaku akan Dimajukan Kembali di Pilkada 2024, Ini Sosok Pendampingnya

Buka hanya itu kata Nasim Khan, dirinya bahkan mengungkapkan terkait  permasalahan permasalahan lainnya, seperti kelestarian alam dan habitat di hutan Taman Nasional Baluran yang melewati atau melintas area Puslatpur Marinir. 

"Oleh sebab itu, masalah kelestarian lingkungan hidup harus dipikirkan dengan serius," tegasnya.

Nasim Khan pesimis jika PSN jalan Tol Pasuruan-Probolinggo bisa selesai tepat waktu, dimana dalam rapat koordinasi yang ditempatkan di Kabupaten Probolinggo, pada 14 September 2023 lalu yang mana PSN Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di wilayah Kabupaten Probolinggo bisa selesai pada tahun 2024 ini.

"Padahal perjalannya sampai saat ini prosesnya masih banyak kendala, sehingga kami tidak yakin proyek jalan tol ini bisa berjalan mulus, kecuali memang harus sudah selesai di wilayah Suboh Saja," Pungkasnya.


Topik

Transportasi Jalan Tol Tol Probowangi Tol Probolinggo Banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Sri Kurnia Mahiruni