Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Viral Orang Tua Paksa Anaknya Nonton Film Siksa Kubur hingga Menangis

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

17 - Apr - 2024, 15:28

Placeholder
Film siksa kubur. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Viral di media sosial sebuah postingan warganet karena menceritakan pengalamannya nonton film Siksa Kubur. Bukan karena isi filmnya tetapi karena kelakuan penonton di bioskop yang membuat resah. 

Hal ini diceritakan oleh akun @gitaputriid yang kemudian diunggah kembali oleh akun pandemictalks.

Baca Juga : Heboh Ceramah Ustazah Ning Umi Laila Ungkit Kasus Narkoba Anak Rhoma Irama, Banjir Komentar Pedas Netizen

Dalam ceritanya, pengunggah menceritakan bahwa saat itu sudah malam sekitar pukul 21.15 WIB. Ia menyebut melihat wujud keegoisan orang tua yang mengajak anaknya menonton film horor tersebut.

Sang anak disebut nangis ketakutan sejak sebelum lampu dimatikan. Namun orang tuanya bersikukuh mengajak anaknya tetap nonton film yang dikategorikan 17+ tersebut.

“Semalam menyaksikan wujud keegoisan orang tua yang mengajak anak umur 4 atau 5 tahun nonton siksa kubur jam 21.15 malam,” ujarnya mengawali unggahan, dikutip Rabu (17/4/2024). 

“Dari masuk bioskop anaknya udah nangis meraung sambil bilang “takuuut” padahal posisi studio masih terang benderang. Dimarahin sama orangtuanya “ngapain takut siih?” jelas unggahan tersebut.

Setelah dimarahi, anak tersebut tetap tidak berhenti menangis. AKhirnya sang ibu membawa anaknya keluar sambil marah dan menyebut pulang saja.

Namun ternyata itu hanya gertakan ibunya dan mereka tetap menonton film tersebut di bioskop.

“Sumpah itu rasanya nonton Siksa Kubur sambil dapat siksa dunia karena distracted pwol,” lanjut pengunggah.

Tak lama kemudian anaknya berhenti menangis. Namun pengunggah ini tetap merasa tak tenang karena ada adegan-adegan traumazing untuk orang dewasa. Ia berpikir apalagi untuk anak-anak.

Selain itu menurutnya gangguan saat menonton film itu juga diakibatkan penonton yang membawa anak tersebut mengambil video menggunakan flash berkali-kali. Yang divideokan pun tak jelas mulai dari popcorn, ekspresi anak, selfie, layar bioskop dan sebagainya.

“Kayaknya lagi mau flexing nonton di premier…gila ganggunya maksimal. Mau negor juga sulit karena posisi duduk kita jauh ujung ke ujung. Tapi dia di bawah jadi gw bisa liat jelas aktivitasnya,” katanya.

Ia pun mengungkapkan jika penonton lain sebelumnya sudah ada penonton lain yang merasa terganggu sampai menyuruh diam. Pengunggah merasa baru kali ini menemukan model penonton bioskop seperti ini.

Ia juga mengatakan ternyata penonton tersebut membawa beberapa keluarga yang duduknya terpisah. Namun semua kelakuannya sama dan dinilai tak beradab.

Unggahan itu pun turut dibanjiri reaksi warganet. Tak sedikit dari mereka juga meluapkan kekesalannya mengenai aturan anak kecil menonton film dewasa. 

"Di satu sisi pihak bioskop juga HARUS MAU melarang masuk penonton yang nggak sesuai umur.

Percuma itu disetel imbauan rating sebelum film dimulai tapi nggak ditegasin." Ujar @ryan***.

"bawa mkanan dri luar gboleh, tp anak kecil nonton film dewasa boleh. Huft,” ujar @anis***.

"Fungsi petugas bioskop dstu apa ya? Apa hanya mencek tiket pengunjung?,” ujar @inne***.

Aturan Dasar Nonton di Bioskop yang Wajib Kamu Ketahui

Mengutip dari Dijon Movie, movie reviews Indonesia, ada beberapa aturan dasar yang harus kamu ketahui saat nonton di bioskop. Berikut di antaranya:

1. Simpan Smartphone

Baca Juga : Mafest Vol 3 Diduga Batal, Calon Penonton Ngeluh Uang Gak Balik 

Simpanlah smartphone saat film sudah dimulai. Jangan memainkan smartphone di tengah-tengah film karena cahaya dari layar smartphone bisa mengganggu penonton lainnya. 

Jika ada hal penting, kamu bisa tutupi cahaya layar smartphone menggunakan tas atau tutupi dengan tangan. Jangan lupa untuk mengaktifkan mode silent pada smartphone-mu.

2. Buang Sampah Snack

Buanglah sisa sampah makanan dan minuman kamu selesai menonton pada tempatnya. Saat ini bioskop sudah menerapkan sistem self service, di mana kamu harus membuang sampah sendiri pada tempat yang telah disediakan oleh petugas di depan pintu keluar. Dengan begitu, kamu telah membantu mempercepat waktu tayang film berikutnya.

3. Tonton Film Sesuai Usia

Aturan menonton film sesuai kategori usia merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kamu membawa anak kecil menonton di bioskop dengan kategori usia yang tidak sesuai. 

Hal tersebut tentu akan membuat kamu, anak-anak kecil dan penonton lain di bioskop merasa tidak nyaman.

4. Jangan Merekam Cuplikan Film

Sebelum film dimulai, biasanya pihak bioskop akan memberikan tayangan seputar larangan merekam cuplikan film menggunakan barang apapun. 

Merekam cuplikan film dan diunggah ke media sosial tentu akan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Tindakan ini juga setara dengan pembajakan film dan akan dikenakan pasal yang berlaku.

5. Jangan Mengobrol dengan Suara Keras

Usahakan tidak mengobrol dengan teman di sampingmu saat film telah dimulai. Berdiskusi mengenai jalannya film tentu akan mengganggu penonton di dalam bioskop. Apalagi jika obrolan tersebut tidak begitu penting dan mengobrol dengan nada suara yang keras. 

Hal ini bisa mengganggu penonton lain yang sedang menikmati jalannya film. Jika ingin berbicara, berbicaralah seminimal dan selembut mungkin agar tak mengganggu penonton lain.

6. Jangan Tendang Kursi

Sebelum film dimulai, aturlah posisi kaki senyaman mungkin. Jangan sampai kamu menendang kursi yang berada di depanmu. Apalagi jika kamu sampai meletakkan kaki di atas sandaran kepala kursi di depan. 

Jika kamu tak sengaja menendang kursi di depan, jangan lupa ucapkan kata maaf karena telah mengganggu penonton dan membuat tidak nyaman.


Topik

Peristiwa bioskop siksa kubur anak kecil



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri