Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemkot Malang Bakal Tambah Taman Bermain di Pemukiman Padat Penduduk

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

17 - Apr - 2024, 09:58

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana membangun taman bermain di daerah pemukiman padat penduduk. 

Hal itu juga menjadi tindak lanjut atas keluhan masyarakat yang ingin ada taman bermain bagi anak-anak. Terutama taman bermain yang bisa ditempatkan di pemukiman padat penduduk yang dinilai rawan kecelakaan karena lokasinya yang berdekatan dengan sempadan sungai. 

Baca Juga : Program Salob Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Tuai Apresiasi Warga, Bikin Jalanan Mulus Saat Lebaran

Rencana itu tidak dapat serta merta dilakukan. Sebab, menurut Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, merealisasikan hal itu harus diikuti kesadaran oleh masyarakat terhadap lingkungan. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di area sempadan sungai. 

"Oke lah taman bermain di lingkungan padat penduduk memang kurang. Tapi keberadaan taman ataupun keberadaan rumah di sempadan sungai, itu pun ada batasan yang tidak diperbolehkan ada bangunan," ujar Wahyu.

Dalam hal ini, Wahyu menyampaikan adanya keterbatasan dalam pembangunan taman di kampung-kampung padat penduduk di Kota Malang. Menurut dia, meskipun memungkinkan untuk membangun taman, pencarian lokasi yang sesuai serta perlunya pembebasan lahan menjadi salah satu tantangan dalam merealisasikan taman bermain ini. 

"Intinya kalau sudah sempadan sungai, tidak ada yang memperbolehkan ada kegiatan di sepanjang area itu. Di sisi lain, mencari lahan itu juga tidak mudah. Kemudian harus membebaskan lahan. Apalagi di lingkungan padat penduduk tidak mudah mendapatkan lokasi seperti itu" terang Wahyu. 

Meski  demikian, di sisi lain, dirinya berkomitmen untuk mewujukan visi Kota Layak Anak yang bisa diwujudkan dengan berbagai macam strategi.

Baca Juga : Imbau Tak Timbun Sampah di Jembatan Pasar Gadang, DLH Kota Malang: Sudah Ada Aturannya

Untuk itu, terkait rencana itu, Wahyu akan segera melakukan koordinasi lintas operasi perangkat daerah (OPD) seperti dengan Dinsos dan Disdikbud untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. 

"Kecelakaan anak ketika bermain di area sungai, itu kan memang tidak bisa dihindari. Kami upayakan untuk keberadaan taman bermain sambil kami juga akan gencar mengedukasi masyarakat terkait larangan pendirian bangunan di sempadan sungai. Itu yang penting," pungkas Wahyu.


Topik

Pemerintahan Taman bermain Kota Malang Pj wali kota Malang Wahyu Hidayat kampung padat penduduk kampung sempadan sungai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy