Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Post Holiday Blues, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

17 - Apr - 2024, 09:22

Placeholder
Ilustrasi penderita stres berat. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Libur panjang Lebaran memang menyenangkan. Kumpul keluarga dan orang-orang tersayang, atau sekadar istirahat me-recharge energi sangat bermanfaat untuk membuatmu kembali bersemangat di hari-hari berikutnya.

Namun saat itu semua berlalu. Tak jarang kesedihan dan kesepian mulai merasuk. Jika kamu merasa sedih saat kembali beraktivitas usai liburan, bisa jadi kamu terserang post-holiday blues. Apa itu?

Baca Juga : Tutup Posko Siaga Hidrometeorologi Lebaran 2024, Berikut Catatan BPBD Jatim

 

Mengutip Health, post-holiday blues mengacu pada perasaan jangka pendek yang dialami seseorang setelah liburan, termasuk kesedihan, kesepian, kelelahan, kekecewaan, kelesuan, tekanan mental, atau bahkan ketakutan akan bulan-bulan yang akan datang.

"Liburan menawarkan waktu bagi kebanyakan orang untuk memfokuskan energi mereka pada tugas mendekorasi, membuat kue, merencanakan, dan memberi hadiah," Nicole Hollingshead PhD, psikolog dan asisten profesor klinis Kedokteran Keluarga dan Komunitas di The Ohio State University Wexner Medical Center.

"Setelah liburan berakhir, orang mungkin merasa tersesat atau hampa tanpa melakukan aktivitas yang bertujuan untuk membantu mereka fokus."

Karena itu, penting untuk mengetahui gejala post-holiday blue dan cara mengatasinya.

Gejala Post Holiday Blues 

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa gejala post holiday blues yang akan muncul, seperti: 

- Merasakan kecemasan yang samar-samar 

- Lebih mudah merasa marah 

- Merasakan rindu pada liburan yang dilakukan 

- Mengalami kesulitan tidur 

- Merasa tidak nyaman atau cemas 

Gejala yang dialami tersebut akan berangsur membaik dalam beberapa hari.  Namun, gejala yang semakin memburuk atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama bisa mengganggu performa dalam bekerja atau belajar serta interaksi dengan orang lain.

Cara Mengatasi Post Holiday Blues 

Baca Juga : Kena Diare Pasca-Lebaran? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Ada beberapa cara mengatasi post holiday blues yang bisa dicoba, seperti: 

- Mulai melakukan aktivitas dengan intensitas yang ringan terlebih dahulu dan baru kemudian menambah beban aktivitas yang dilakukan secara bertahap 

- Mendapatkan cukup tidur di malam hari 

- Mengonsumsi makanan yang sehat 

- Melakukan olahraga secara rutin

- Tetap berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemui selama liburan untuk meningkatkan perasaan nyaman 

- Mengatur jadwal atau membuat perencanaan untuk liburan selanjutnya yang akan dilakukan, termasuk mencoba sesuatu yang baru. 


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy