Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Imbau Tak Timbun Sampah di Jembatan Pasar Gadang, DLH Kota Malang: Sudah Ada Aturannya

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

16 - Apr - 2024, 20:13

Placeholder
Sejumlah sampah yang dihasilkan oknum masyarakat di jembatan Pasar Gadang, Kota Malang. (foto: tangkapan layar video)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus mengimbau kepada masyarakat agar tak menimbulkan timbunan sampah liar di jembatan Pasar Gadang. Sebab, menurutnya sudah ada aturan yang berlaku baik denda ataupun pidana.

Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengatakan bahwa kondisi timbunan sampah yang ada di jembatan Pasar Gadang akibat adanya oknum yang tidak bertanggung jawab membuang sampah tidak pada tempatnya.

Baca Juga : 4.544 Meter Persegi Kios Pasar Relokasi Kota Batu Dibongkar, Nilai Lelangnya Rp159 Juta

Rahman menegaskan, membuang sampah di jembatan seperti ini ada konsekuensi hukumnya. Sesuai Perda No. 7 Tahun 2021, ancaman pidana kurungan yakni tiga bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

“Membuang sampah di jembatan Pasar Gadang sudah termasuk dalam Pelanggaran Perda Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah sehingga sudah selayaknya perangkat daerah yang berwenang untuk menegakkan Pelanggaran Perda tersebut,” kata Rahman.

Dalam hal ini, pihaknya pun telah memasang plakat larangan membuang sampah sembarangan di sekitar Jembatan Pasar Gadang. Plakat itu pun disebut bukan sekadar pajangan, namun agar masyarakat membaca dan memahami esensi dari imbauan tersebut. Hal itu tak lain demi keamanan dan kenyamanan bersama.

“Timbulan sampah liar sebenarnya bukan kewenangan DLH. Apalagi sudah ada tindakan preventif, termasuk larangan membuang sampah sembarangan,” tambah Rahman.

Baca Juga : Bupati Blitar Mak Rini Pastikan Pelayanan Publik Normal Pasca Libur Idul Fitri

Untuk mengentaskan masalah sampah, Rahman mengaku tak bisa sendiri. Ia menegaskan harus ada peran serta dari masyarakat agar tercipta Kota Malang yang bersih, indah dan nyaman. Termasuk para pedagang Pasar Gadang yang melakukan aktivitas perdagangan di daerah sekitar tersebut.

“Kewajiban dan kesadaran terkait membuang sampah sembarangan untuk area tersebut bukan hanya kewenangan Dinas Lingkungan Hidup saja, tapi merupakan tanggung jawab bersama dengan melibatkan UPT Pasar Gadang, Diskopindag dan warga sekitar untuk mengentaskan persoalan timbulan sampah liar di area tersebut,” tegas Rahman.


Topik

Pemerintahan DLH Kota Malang pasar gadang timbunan sampah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri