Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Trans Jatim Koridor I Bakal Pakai Bus Luxury di Jam Sibuk, Tarif Rp 20 Ribu Tanpa Subsidi

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Nurlayla Ratri

16 - Apr - 2024, 19:04

Placeholder
Kepala Dishub Jatim Nyono.

JATIMTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur (Jatim) akan merilis bus tipe luxury untuk tambahan armada pada Trans Jatim koridor I Gresik-Sidoarjo. Bus tipe luxury akan beroperasi di koridor tersebut pada jam sibuk.

Penambahan bus type luxury ini dilakukan setelah penumpang di koridor Gresik - Sidoarjo mencapai load factor di atas 130 persen. Kepala Dishub Jatim Nyono mengatakan nantinya luxury Trans Jatim ini akan dikenakan tarif komersial sebesar Rp 20 ribu.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Luxury Trans Jatim ini menggunakan bus ukuran 3/4 hingga bus besar dengan fasilitas seperti bus patas. “Tempat duduknya nyaman, penumpang tidak ada yang berdiri dan ada pramugarinya,” ujar Nyono, Selasa (16/4/2024).

Ia menjelaskan, dengan tarif Rp 20 ribu, sebagian subsidi yang ada pada koridor I akan ditarik dan dipindahkan ke koridor lain untuk peningkatan. Tujuannya, agar masyarakat Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan) mendapatkan layanan Trans Jatim secara merata.

"Memang tujuannya menjaring masyarakat kalangan menengah ke atas. Jangan sampai subsidi yang kami berikan yakni dengan tarif Rp 5 ribu ini diterima oleh pegawai di Gresik yang gajinya sudah Rp 10 juta ke atas. Jadi yang 30 persen bus Trans Jatim koridor I dengan tarif Rp 5 ribu ini tetap akan beroperasi pada jam-jam tidak sibuk, sehingga masyarakat kalangan menengah kebawah tetap bisa terlayani,” katanya.

Lebih lanjut Nyono, mengatakan luxury Trans Jatim ini akan diresmikan oleh Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono pada Agustus mendatang. Menurut Nyono, penambahan armada luxury Trans Jatim juga akan berlaku bagi koridor lainnya jika load factor sudah mencapai diatas 100 persen.

"Pak Pj juga memerintahkan agar Trans Jatim bisa menggunakan bus listrik. Pada pertemuan dengan Dubes Ceko beberapa waktu lalu, Skoda Group atau perusahaan bus listrik tertarik untuk bekerja sama terkait pengembangan moda transportasi digital berbasis elektrik," ungkapnya.

Baca Juga : Bupati Blitar Mak Rini Pastikan Pelayanan Publik Normal Pasca Libur Idul Fitri

"Rencananya jika sudah ada kesepakatan bus listrik Skoda ini akan kita letakkan di koridor I. Tapi untuk luxury Trans Jatim yang akan kita launching ini sudah menggunakan mesin Euro4 yang rendah emisi,” sambungnya.

Tidak hanya melaunching Luxury Trans Jatim, Nyono mengaku Dishub juga akan merilis fitur baru pada aplikasi Trans Jatim - Ajaib pada Agustus mendatang. Apa fitur baru yang dimaksud?

"Jadi jika kita, sudah menginstal aplikasi ini pada google map akan ada notifikasi daerah-daerah rawan dan titik perlintasan kereta api tidak berpalang pintu. Ini tersambung secara otomatis kalau sudah download Trans Jatim – Ajaib. Jadi menggunakan aplikasi ini gak harus naik bus Trans Jatim,” pungkasnya.


Topik

Transportasi luxury Trans Jatim tarif rute



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Nurlayla Ratri