Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Pasca Libur Panjang Lebaran, UIN Maliki Malang Kuatkan Persaudaraan dan Semangat Kerja Lewat Momen Halal Bihalal 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

16 - Apr - 2024, 15:11

Placeholder
Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM Zainuddin saat melakukan open house didampingi para wakil Rektor (istimewa)

JATIMTIMES - Usia libur lebaran, seluruh pegawai Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kembali memulai aktivitasnya. Hari ini, Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA, mengadakan Open House untuk seluruh pegawai Kampus Ulul Albab di Gedung Rektor, Selasa (16/4/2024).

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Zainuddin menyampaikan, bahwa momen ini menjadi momen silaturahmi seluruh sivitas UIN Maliki Malang. Menurutnya, silaturahmi menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk dijaga. Silaturahmi sendiri telah menjadi bagian dari budaya yang sangat lekat pada Islam Nusantara. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Bahkan tradisi ini pun telah  masuk dalam dunia kerja, dimana halal bihalal sudah menjadi bagian dari ritual saat pertama kembali masuk ke dunia kerja. Tentu, tujuannya untuk membangkitkan semangat baru di dunia kerja dengan cara saling memaafkan.

 "Silaturahim pasca lebaran ini sudah menjadi tradisi di Indonesia," kata Rektor yang akrab disapa Prof Zain ini. 

Untuk itu, menjaga silaturahmi sebagai  bagian dari budaya atau tradisi di Indonesia haruslah terus dijaga dan dilestarikan. Terlebih seperti halnya menjalin silaturahmi pada bulan Syawal, tentunya memiliki banyak keutamaan. 

Sehingga, pada momen bulan yang fitri, maka dikatakan Prof Zain haruslah digunakan seoptimal mungkin untuk saling memberikan maaf satu sama lainnya. "Semua kembali suci dan meraih kemenangan," katanya.

Selain itu, Prof Zain juga menyinggung tentang anjuran Rasulullah SAW untuk melaksanakan puasa enam hari di bulan syawal kepada para umatnya. Puasa ini juga banyak memiliki keutamaan, diantaranya penyempurna puasa Ramadan, pahala yang didapatkan sama dengan berpuasa selama setahun dan lainnya.

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah bersabda, barang siapa yang melakukan puasa Ramadan kemudian dilanjutkan dengan berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka pahala yang didapatkan sama dengan berpuasa selama satu tahun.

Baca Juga : Tok! Pj Bupati Sugiat Teken 4 Raperda Inisiatif DPRD Jombang

"Puasa enam hari di bulan Syawal ini tidak harus berurutan, yang penting selama bulan Syawal bisa mencicilnya," kata Prof Zain.

Sementara itu, dalam momen silaturahmi ini nampak disambut antusias seluruh pegawai UIN Maliki Malang. Nampak suasana guyub dan atmosfer keakraban terjalin begitu erat, sembari saling bertukar cerita tentang momen lebaran.

Momen silaturahmi yang tentunya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan ini, diharapkan juga membawa dan menjadi motivasi atau semangat baru untuk kembali berkontribusi dalam kemajuan dunia pendidikan dan kemajuan bangsa. 


Topik

Pendidikan uin maliki malang rektor uin maliki malang open house un maliki malang halal bihalal uin maliki malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana