Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Kuota Balik Mudik Gratis Polres Malang Masih Tersedia, Pendaftaran Berakhir Besok

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

15 - Apr - 2024, 19:07

Placeholder
Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana (pegang bendera) bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Malang saat memberangkatkan bus bagi para pemudik dalam program Mudik Gratis 2024 yang diadakan Pemkab Malang pada beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Polres Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kuota Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 1445 Hijriah 2024 masih tersedia. Bagi para pemudik yang berminat diarahkan untuk segera mendaftarkan diri.

Kasihumas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara menuturkan, pendaftaran Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 1445 Hijriah 2024 masih dibuka hingga besok, Selasa (16/4/2024). Bagi pemudik yang berminat bisa mendaftar di Polres Malang yang beralamat di Jalan Jend A. Yani nomor 1, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

"Tidak ada persyaratan khusus pada pendaftaran program Balik Mudik Gratis. Pendaftar hanya perlu membawa kartu identitas dan melaporkan domisili," jelas Dicka saat dikonfirmasi, Senin (15/4/2024).

Dicka menuturkan, pendaftaran program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang 2024 dibuka sejak 11 April 2024 dan bakal berakhir besok, Selasa (16/4/2024). Program Balik Mudik Gratis Polres Malang 2024 ini melayani tiga rute. Yaitu meliputi jurusan Malang - Jakarta, Malang - Ngawi, dan Malang - Banyuwangi.

"Terselenggaranya program Balik Mudik Gratis ini sesuai dengan instruksi Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana. Diharapkan melalui program ini Polres Malang bisa lebih memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk saat perayaan Lebaran Idul Fitri tahun ini," tuturnya.

Dijelaskan Dicka, sampai dengan hari ini, Senin (15/4/2024), masih tersedia kuota untuk ketiga rute yang telah disediakan Polres Malang. Hanya saja, untuk rute Malang - Jakarta terdata paling banyak peminatnya.

"Untuk kuota yang Malang  - Jakarta itu hampir terpenuhi. Dari 170-an, tinggal sekitar 10 kuotanya," jelas Dicka.

Sementara itu, untuk rute Malang - Banyuwangi masih tersedia banyak kuota. Sampai dengan sehari menjelang pendaftaran ditutup, jumlah pendaftar menuju rute Malang - Banyuwangi masih sekitar 10 pemudik.

"Yang masih banyak itu yang arah Banyuwangi. Tadi saya update belum sampai 10 dari 30 kuota yang disediakan," tuturnya.

Banyaknya pemudik yang berminat dengan rute Malang - Jakarta membuat Polres Malang berencana bakal menambah jumlah kuotanya. 

Baca Juga : Hari Terakhir Cuti Bersama, Tiket KA Jarak Jauh Terjual hingga 3,6 Juta Penumpang

"Untuk arah Ngawi itu karena minim (peminat) kemudian lebih banyak yang ke Jakarta, akhirnya rutenya dipindah ke Jakarta," imbuhnya.

Meski demikian, Dicka memastikan bilamana ada pemudik yang berminat menuju rute Malang - Ngawi bakal tetap difasilitasi. "Namun jika ada pemudik untuk yang tujuan Ngawi, nanti akan berhenti (diantarkan) sampai di exit tol Ngawi, jadi masih terlewati. Namun yang diperbanyak kuota ke Jakarta," ujarnya.

Nantinya para pemudik yang mendaftar program Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang akan diberangkatkan pada 18 April 2024. Sedangkan titik pemberangkatan di Polres Malang.

"Terkait registrasi juga akan dilakukan pada hari yang sama sebelum pemberangkatan, Kamis (18/4/2024) pukul 06.00 WIB sampai dengan 07.30 WIB," imbuhnya.

Dicka menuturkan, bagi masyarakat yang berminat atau membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact person pendaftaran Balik Mudik Lebaran Gratis Polres Malang. Yakni melalui nomor 0823-3875-8246.

"Program ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam mewujudkan mudik yang ceria dan penuh makna. Selain itu juga diharapkan dapat membantu masyarakat serta mengurangi risiko kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara ketika mudik lebaran,” pungkas Dicka.


Topik

Transportasi mudik gratis polres malang malang jakarta



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri