Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Tak Ada Akses Calo Pencairan Jaminan Hari Tua

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : A Yahya

14 - Apr - 2024, 10:13

Placeholder
BPJS Ketenagakerjaan Kota Batu.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) mengingatkan kepada peserta agar mewaspadai calo atau jasa pencairan jaminan. Salah satunya pada pencairan Jaminan Hari Tua (JHT). BPJS mengimbau kepada para nasabah untuk mencairkan dana jaminan secara mandiri di kantor cabang maupun secara daring.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Batu Supardi Prayitno menyampaikan, pihaknya telah menutup akses untuk jasa pencairan. Sehingga masyarakat bisa dengan aman mencairkan JHT sesuai prosedur dengan mandiri.

Baca Juga : Pemkab Malang Petakan Kemampuan Siswa Guna Optimalisasi Program Sekolah Plus Ngaji

"Sudah minim (jasa calo, Red), atau bisa dibilang tidak ada. Karena untuk pencairan JHT bisa melalui online. Memanfaatkan pelayanan tanpa kontak fisik, yang itu kita lakukan Video Call, setelah memasuki situs lapak asik dan mengisi data diri," ujar Supardi saat ditanya potensi calo, belum lama ini.

Dalam pencairan secara online, peserta yang mengajukan klaim dan memproses JHT otomatis akan mendapatkan antrean panggilan virtual. Panggilan tersebut dilakukan agar memastikan pencairan dilakukan pihak peserta sendiri bukan diwakilkan.

Supardi menjamin, layanan jika dilakukan dengan sistem online tidak memakan waktu yang terlalu lama. Kemudian peserta dapat memanfaatkannya dengan mengakses dari mana saja. Nantinya klaim akan diberitahukan waktu saat JHT sudah masuk ke rekening peserta.

"Klaim juga bisa dilakukan melalui Jamsostek Mobile jika nilainya dibawah Rp10 Juta. Tidak lama diproses dan menjawab aplikasi. Kalau tidak melalui aplikasi peserta bisa langsung ke kantor," terangnya.

Baca Juga : 10 Tips Mudik Balik Aman dan Nyaman Naik Kapal Laut 

Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak memanfaatkan calo. Menurut dia, perkembangan pelayanan saat ini sudah cukup membantu agar klaim JHT bisa dilakukan mandiri secara mudah dan aman. Kata Supardi, pencairan online sudah dilakukan sejak pandemi Covid-19 untuk meminimalisir kontak fisik.

"Sejak tahun 2021 ini diterapkan. Kami berharap masyarakat paham dan bisa melakukan mandiri. Tidak ada calo-caloan. BPJS sudah memproteksi supaya JHT langsung masuk ke rekening yang bersangkutan, sehingga penyelewengan diminimalisir," imbaunya.


Topik

Peristiwa bpjs ketenagakerjaan calo bpjs jaminan hari tua supardi prajitno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

A Yahya