Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Tak Boleh Berlebihan, 5 Makanan Sehat Ini Punya Efek Samping Jika Berlebihan Dikonsumsi

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

13 - Apr - 2024, 10:21

Placeholder
Alpukat, salah satu makanan sehat yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Ada banyak sekali makanan yang kaya nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, perlu diingat bahwa makanan sehat tersebut tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping negatif.

Pasalnya, beberapa makanan sehat dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. 

Baca Juga : 10 Tips Mudik Balik Aman dan Nyaman Naik Kapal Laut 

Selain tidak baik, dalam Islam pun apapun yang berbau dengan berlebihan tidak diperkenankan. Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al A'raf ayat 31,

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya: Hai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan:

1. Sayuran Cruciferous

1

Mungkin bagi sebagian orang nama sayuran ini terdengar asing, bukan? Sayuran ini merupakan golongan tanaman Brassica, memiliki daun yang khas seperti kol. Sayuran cruciferous kaya akan nutrisi folat dan vitamin K.

Namun, sayuran tersebut juga tinggi akan serat larut yang berkontribusi terhadap produksi gas berlebih. Makan terlalu banyak sayuran ini akan menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan menjadi masalah bagi seseorang yang kekurangan yodium.

2. Air Lemon

2

Walaupun air lemon menyehatkan karena rendah kalori dan rendah gula, tetap saja kamu harus membatasi mengonsumsi lemon. Lemon bersifat asam, Menurut Holly Klamer, pendidik nutrisi yang berbasis di Kalamazoo, Michigan, berpendapat jika sifat asam dari lemon dapat merusak email gigi dan membuat gigi lebih rentan berlubang dan sensitif. Oleh sebab itu, kamu harus mulai mengurangi buah-buahan yang bersifat masam mulai dari jeruk nipis, lemon, tomat, serta minuman yang mengandung asam.

3. Alpukat

3

Buah alpukat merupakan buah yang dikenal akan lemak tak jenuh tunggalnya yang menyehatkan jantung dan nutrisi bermanfaat. Akan tetapi, jika kamu mengonsumsinya setiap hari akan menyebabkan asupan kalori berlebih, mengingat jika buah alpukat tinggi kalori sehingga berpotensi mengakibatkan penambahan berat badan.

4. Oatmeal Instan

4

Sebagian orang yang diet pasti akan lebih sering mengonsumsi oatmeal, oatmeal memang mengandung serat bermanfaat seperti magnesium dan zinc. Perlu kamu perhatikan sebelum membeli oatmeal instan karena banyak merek oatmeal instan yang mengandung banyak gula dan pastinya tidak dianjurkan untuk kamu konsumsi setiap hari.

5. Makanan Tinggi Serat

5

Makanan berserat tinggi dari mulai biji chia, berry, kacang hitam, kacang panggang dapat mengurangi risiko penyakit jantung coroner. Menurut Mayo Clinic, “Makan terlalu banyak makanan berserat tinggi dapat menyebabkan sembelit, penumpukan gas, dan kembung.”

Maka dari itu kamu harus tetap perhatikan dan batasi makanan apa yang kamu konsumsi setiap harinya karena mengonsumsi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuhmu.


Topik

Kesehatan makanan sehat minuman sehat minuman berserat tips sehat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya