Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Bikin Bangga! 5 Makanan & Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

13 - Apr - 2024, 10:20

Placeholder
Jamu, salah satu minuman Indonesia yang memikat hati UNESCO. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Indonesia sebagai negara besar yang memiliki kekayaan berlimpah termasuk kuliner (makanan dan minuman) telah mampu membuat bangsa lainnya terpesona.

Kuliner khas Indonesia baik makanan dan minuman, bukan hanya memikat hati wisatawan domestik dan mancanegara namun juga salah satu organisasi dunia yang merupakan bagian dari PBB, yakni UNESCO.

Baca Juga : 10 Tips Mudik Balik Aman dan Nyaman Naik Kapal Laut 

UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa ( United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Terhadap kekayaan kuliner khas Indonesia organisasi milik PBB ini telah terpikat dan jatuh cinta terhadap deretan makanan dan minuman khas Indonesia.

Mau tahu, jenis kuliner apa saja yang membuat UNESCO terpikat? Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis-jenisnya:

1. Rendang

Rendang

Masakan khas dari Padang, Sumatera Barat ini terkenal dengan kelezatan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas. Sudah tidak diragukan, cita rasa yang kaya akan rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan kapulaga membuat rendang menjadi salah satu masakan terenak di dunia.

Selain itu, rendang juga memiliki keunikan dalam proses memasaknya yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna.

Tak heran, UNESCO menetapkan rendang sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia pada tahun 2011. Kombinasi antara rasa yang gurih, pedas, manis, dan rempah yang meresap membuat rendang menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng

Nasi goreng termasuk masakan nusantara Indonesia yang hampir dikenal di seluruh dunia dan sering dijadikan sebagai menu makanan yang praktis dan lezat. Siapa sangka, menu nasi goreng yang sederhana dapat masuk dalam jajaran Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.

Melansir dari Indonesia.id, nasi goreng sudah masuk dalam daftar masakan Indonesia paling enak di dunia. Selain itu, keberagaman bahan tambahan yang bisa dimasukkan dalam nasi goreng membuatnya menjadi menu yang sangat variatif dan disukai oleh banyak orang.

Nasi goreng juga sering dijadikan sebagai hidangan sarapan, makan siang, atau malam yang praktis dan mengenyangkan.

3. Tempe

Tempe

Makanan olahan dari kedelai ini Indonesia punya, lho Beauties. Tempe merupakan sumber protein nabati yang baik dan sering dijadikan alternatif bagi yang tidak mengonsumsi daging. Selain itu, tempe juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

4. Lumpia

Lumpia

Lumpia adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging cincang, rebung, dan sayuran yang dibalut dengan kulit. Cemilan khas Semarang yang satu ini mudah dijumpai di warung makan atau restoran di daerah tersebut.

Karena rasa dan bumbu kacangnya yang lezat dan unik, lumpia masuk dalam Warisan Tak Benda UNESCO.

Isiannya dapat disajikan dengan berbagai varian seperti ayam, udang, atau tahu. Lumpia juga sering dihidangkan sebagai camilan atau makanan ringan di acara-acara tertentu.

5. Jamu

Jamu

Bulan lalu, UNESCO menobatkan jamu sebagai salah satu Warisan Tak Benda UNESCO. Pada Minggu (4/2), melalui akun Instagram resmi Mentri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengunggah foto sertifikat dari UNESCO yang menunjukkan pengakuan tersebut dalam kunjungannya ke Eropa beberapa waktu lalu.

Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia yang telah memiliki keberagaman khasiat dan terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya terbuat dari rempah-rempah alami seperti kunyit, jahe, dan temulawak yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minuman ini telah menjadi bagian penting dari budaya Indonesia selama berabad-abad dan terus menjadi pilihan populer bagi masyarakat Indonesia melansir dari UNESCO. Jamu kerap diminum ketika sedang merasa tidak enak badan atau sebagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami.


Topik

Kesehatan unesco kuliner indonesia rendang tempe mendunia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya