Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

5 Bisnis yang Tak Penah Lekang oleh Waktu

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

12 - Apr - 2024, 09:04

Placeholder
Ilustrasi bisnis kuliner. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Dari sekian banyak jenis bisnis, ada beberapa bisnis yang terbilang tak lekang oleh zaman. Bisnis semacam ini tetap berdiri tegak di tengah tren yang silih berganti.

Jika diamati, banyak sekali bisnis tertentu yang hanya ramai sesaat. Setelah masanya sudah lewat, bisnis semacam itu ditinggalkan pelanggan. Tentu saja hal itu berdampak terhadap keuntungan yang akan menurun drastis atau bahkan merugi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pantai di Malang yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024

Agar tidak tidak salah perhitungan dalam menjalankan bisnis, berikut berikut ini beberapa jenis usaha yang selalu eksis dan tak lekang oleh waktu seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Produk Kuliner 

Ilustrasi bisnis kuliner


Bisnis yang selalu eksis dan tak pernah lekang oleh waktu biasanya berkaitan dengan kebutuhan pokok. Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh semua orang hampir setiap hari.

Tidak peduli situasi sedang krisis sekalipun, orang-orang tetap butuh makan. Inilah mengapa bisnis di bidang kuliner memiliki potensi yang cukup besar untuk mendatangkan keuntungan terus-menerus. Karena memang, bisnis ini seolah tak mengenal tempat, waktu maupun tren dan tetap bisa menghasilkan keuntungan yang melebihi modal.

Namun sebelum memulai bisnis di bidang kuliner, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, perhatikan pemilihan jenis kuliner yang akan dijual. Jika perlu, bisa lakukan riset untuk mengetahui jenis kuliner apa yang disukai semua orang, termasuk kompetisinya. 

2. Bisnis fashion

Bisnis fashion


Semua pastinya bakal setuju jika fashion juga termasuk kebutuhan primer bagi semua orang dari berbagai kalangan. Dari pria wanita, anak-anak hingga lanjut usia semuanya perlu produk fashion.

Selain sebagai kebutuhan primer, fashion yang hampir selalu punya trend dan masa tersendiri. Terutama bagi wanita yang bahkan memiliki baju atau pakaian satu lemari pun rasanya tak akan cukup. Sehingga tak sedikit orang yang akan terus berdatangan untuk membeli produk fashion demi bisa tetap mengikuti tren yang tengah hype di masa tersebut.

Jika tertarik untuk mencoba peruntungan di bisnis ini, pastikan untuk menentukan jenis fashion yang ingin dijual dan fokus dengan lini produk tersebut. Misalnya baju khusus bayi dan balita, anak-anak, wanita atau pria. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dengan satu produk fashion yang akan diperjualbelikan.

3. Kebutuhan bayi

Kebutuhan bayi


Selanjutnya, bisnis yang tak pernah lekang dimakan waktu adalah seputar produk kebutuhan bayi. Tingkat kelahiran yang terus mengalami peningkatan, membuat kebutuhan bayi hampir selalu dibutuhkan di segala kondisi tidak peduli musim ataupun sedang dalam situasi krisis sekalipun.

Contohnya saja pakaian dan popok bayi yang hampir selalu akan dibutuhkan, apalagi bayi baru lahir. Seiring pertumbuhan bayi, baju-baju dan popok tersebut pun tentu harus berganti ukuran. Dari situlah letak cuan dari bisnis berjualan kebutuhan bayi yang tampaknya selalu hidup dan tak pernah terlihat sepi ini.

Selain baju dan popok, bayi juga perlu banyak barang-barang lainnya untuk menunjang kenyamanannya. Seperti peralatan mandi, perlengkapan makan, skincare, gendongan bayi, stroller, dan sebagainya.

4. Produk kesehatan

Ilustrasi produk kesehatan


Setelah bisnis di bidang kuliner dan fashion, bisnis di ranah kesehatan pun bisa dibilang tak pernah lekang oleh waktu.

Kebutuhan akan obat-obatan, baik herbal maupun obat medis semakin meningkat seiring kesadaran masyarakat yang semakin tinggi. Terbukti dari volume pencarian di berbagai lapak toko online, produk kesehatan menjadi paling banyak dicari. Beberapa produk yang cukup laris manis diantaranya obat herbal tradisional, madu, suplemen, hingga minyak gosok.

Jika tertarik dan ingin menjalankan bisnis semacam ini, pastikan Anda sudah memiliki sertifikasi kelayakan baik dari BPOM maupun Departemen Kesehatan. Tujuannya, supaya keamanannya menjadi lebih terjamin dan jangan sampai menimbulkan keraguan, terutama bagi konsumen. 
 

5. Bisnis Properti

Bisnis properti


Selanjutnya, ada lagi satu jenis bisnis yang seolah tak pernah lekang oleh waktu, yakni bisnis properti. Bahkan harga properti dari hari ke hari hingga tahun berganti justru mengalami peningkatan dan nyaris tak pernah turun.

Akan tetapi, tantangannya ada pada modal yang Anda butuhkan terbilang cukup besar. Namun tak perlu khawatir, karena Anda tetap dapat berkecimpung di bisnis yang berkaitan dengan hunian tapi modalnya lebih kecil.

Misalnya dengan mulai membangun rumah kontrakan dengan lima pintu untuk disewakan ke penyewa. Atau bisa juga dengan membeli sebuah apartemen yang kemudian disewakan kembali.


Topik

Ekonomi ide bisnis kuliner bisnis properti



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya