Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

4 Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori, Cocok untuk Dukung Dietmu

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

12 - Apr - 2024, 07:32

Placeholder
Indoor Cycling, salah satu olahraga yang mampu turunkan kalori dengan cepat. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Beberapa jenis olahraga mampu membakar kalori lebih banyak, cocok untuk program diet. Olahraga yang cepat membakar kalori tersebut mampu membantu menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar kalori berlebih di dalam tubuh.

Baca Juga : Pokdarwis Kota Malang Dukung Rencana Penataan Live Performance di Kayutangan Heritage

Lantas, olahraga apa yang membakar kalori lebih cepat? Dilansir dari Today, inilah beberapa olahraga yang paling banyak membakar kalori.

Lompat Tali

Lompat tali

Olahraga aerobik yang satu ini merupakan salah satu aktivitas yang dapat membantu membakar lemak. Selain membakar lemak untuk membantu dietmu, melakukan hal ini dapat membangun kekuatan otot dan meningkatkan kemampuan motorik serta kelincahan.

Menurut American Heart Association (AHA), sejumlah 375 kalori bisa terbakar jika kamu melakukan olahraga ini selama satu jam. Selain itu, otot perut juga bisa terbentuk karena gerakan melompat dan mengayun tali bisa membantu membangun otot pusat.

Indoor Cycling

Indoor Cycling

Bersepeda adalah jenis olahraga kardiovaskular yang juga paling banyak membakar kalori. Bergantung dengan intensitas dari ayunan pedal yang kamu lakukan, kamu bisa membakar mulai dari 250 hingga 380 kalori setiap setengah jamnya.

Meskipun begitu, jika kamu adalah pemula dalam olahraga ini, cobalah untuk memperhatikan ketinggian sadel dan pegangan sepeda yang kamu pakai. Bersepeda biasa juga bisa membakar kalori hingga 205 kalori setiap setengah jam jika kamu melakukannya dengan kecepatan normal.

Power Walking

Power walking

Kamu yang nggak terlalu suka dengan olahraga berlari bisa mencoba untuk berjalan cepat dengan kecepatan 5 meter per jam. Menurut American Council on Exercise (ACE), olahraga yang disebut power walking ini bisa membakar kalori sebanyak jogging, yakni hingga 306 kalori.

Berjalan dengan kecepatan normal juga tetap bisa membakar kalori, meskipun jumlahnya memang tak sebanyak power walking, yakni hanya 160 kalori per 30 menit. Faktanya, berjalan sendiri memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah mengurangi risiko kematian karena berbagai penyakit.

Angkat Beban

Angkat beban

Menambah rutinitas olahraga untuk melatih kekuatan dua kali dalam seminggu baik untuk dilakukan oleh kamu yang berniat membakar kalori. Lewat latihan angkat beban kamu bisa meningkatkan kepadatan tulang, fleksibilitas sendi, keseimbangan, mengurangi cedera, meningkatkan metabolisme, dan juga yang terpenting, membakar kalori.

Menurut ACE, 30 menit sesi angkat beban dapat membakar mulai dari 100 hingga 200 kalori tergantung dengan intensitas gerakan. Otot yang terbentuk lewat olahraga inilah yang nantinya akan membantu membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan lemak.


Topik

Olahraga diet berat badan program diet



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya