Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Peringatan World Parkinson's Day 2024

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - Apr - 2024, 14:43

Placeholder
World Parkinson's Day (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Tepat hari ini, Kamis (11/4/2024) diperingati Hari Parkinson Sedunia 2024. World Parkinson's Day atau Hari Parkinson Sedunia adalah hari internasional yang diperingati pada tanggal 11 April setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran tentang kondisi medis ini.

Untuk mengetahui seputar Hari Parkinson Sedunia 11 April, simak informasi sejarah berikut ini:

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

World Parkinson's Day atau Hari Parkinson Sedunia adalah hari internasional yang diperingati setiap tanggal 11 April untuk meningkatkan kesadaran global terkait kondisi penyakit Parkinson. Hari ini bertujuan untuk membuat masyarakat saling berkumpul dan membantu mereka yang membutuhkan.

Mengutip situs WHO, Parkinson Disease (PD) atau Parkinson adalah kondisi degeneratif otak yang berhubungan dengan gejala motorik (gerakan lambat, tremor, kekakuan, berjalan dan ketidakseimbangan) dan berbagai komplikasi non-motorik (gangguan kognitif, gangguan kesehatan mental, gangguan tidur dan nyeri dan gangguan sensorik lainnya).

Mungkin masih banyak masyarakat global yang belum mengetahui betul tentang penyakit atau kondisi Parkinson ini. Oleh karena itu, setiap tanggal 11 April diperingati sebagai Hari Parkinson Sedunia untuk meningkatkan kesadaran global akan penyakit atau kondisi ini.

Melansir situs National Day Calendar, sejarah Hari Parkinson Sedunia pertama kali ditetapkan sejak tahun 1997 silam. Ketika Asosiasi Penyakit Parkinson Eropa (EPDA) dan Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan Hari Parkinson Sedunia pada 11 April 1997.

Tanggal 11 April adalah hari ulang tahun dr James Parkinson. Dia adalah dokter pertama yang mengenali Parkinson sebagai kondisi medis. Dia menerbitkan sebuah esai pada tahun 1817 berjudul, "An Essay on the Shaking Palsy."

Baca Juga : 112 Tahun Santos FC, Klub Penghasil Pemain Top Brasil

Sejak saat itu, Hari Parkinson Sedunia diperingati setiap 11 April. Pada saat Konferensi Hari Penyakit Parkinson Sedunia ke-9 di tahun 2005, tulip merah diadopsi sebagai simbol resmi untuk penyakit ini. Tulip merah menandakan kesadaran penyakit Parkinson.

Pada situs resmi Parkinson's Europe, telah dikumandangkan #SummerOfSport untuk memeriahkan World Parkinson's Day. Hastag itu juga akan sejumlah kegiatan untuk merayakan semua cara aktivitas fisik dan membantu penderita Parkinson mengelola gejala mereka, meningkatkan kepercayaan diri mereka dan menjalin pertemanan di komunitas lokal mereka.


Topik

Kesehatan Parkinson hari parkinson Ssedunia world parkinson's day



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni