Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

6 Kebiasaan Orang Indonesia di Hari Kedua Lebaran, Ngapain Aja ya?

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

11 - Apr - 2024, 06:05

Placeholder
Ilustrasi halal bihalal. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Hari kedua lebaran seringkali dianggap tak begitu spesial atau istimewa, jika dibanding dengan hari pertama. Namun, sebenarnya hari kedua Lebaran tetap memiliki makna yang penting dalam perayaan Idul Fitri.

Pada hari kedua, sebenarnya masyarakat Indonesia tetap melakukan kegiatan yang hampir sama seperti lebaran hari pertama, seperti bersilaturahmi, makan bersama dan lain-lain.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Namun, disetiap rumah memiliki kebiasaan masing-masing dalam merayakan hari kedua lebaran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 kebiasaan yang dilakukan pada hari kedua Lebaran masyarakat Indonesia:

1. Halalbihalal

Tradisi bermaaf-maafan atau halalbihalal pada hari pertama Lebaran seharusnya tidak berhenti sampai di situ saja.

Pada hari kedua Lebaran, tetaplah memperlihatkan sikap ramah dan saling maaf kepada keluarga dan orang-orang terdekat.

Jangan biarkan kekesalan atau perbedaan pendapat merusak suasana kekeluargaan yang telah tercipta.

2. Mengunjungi sanak saudara

Saat Lebaran, banyak keluarga yang berbondong-bondong berkunjung ke rumah kerabat. Namun, pada hari pertama Lebaran mungkin belum semua sanak saudara bisa dikunjungi.

Oleh karena itu, hari kedua Lebaran bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi keluarga atau sanak saudara yang belum sempat dikunjungi pada hari pertama.

3. Berolahraga

Setelah berhari-hari menahan diri untuk tidak makan dan minum sejak subuh hingga maghrib, tubuh kita membutuhkan waktu untuk kembali pulih.

Salah satu cara untuk membantu tubuh pulih lebih cepat adalah dengan berolahraga. Pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti jogging atau berjalan santai, sehingga tubuh tidak terlalu terbebani.

4. Bersantai dengan keluarga

Baca Juga : 112 Tahun Santos FC, Klub Penghasil Pemain Top Brasil

Selain berolahraga, bersantai dengan keluarga juga penting untuk menghilangkan kepenatan setelah berpuasa selama sebulan penuh.

Lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga, seperti menonton film, bermain game, atau membuat kue bersama-sama.

5. Berwisata

Setelah mengunjungi seluruh sanak keluarga, di hari kedua biasanya masyarakat memanfaatkan momen libur untuk pergi berwisata dengan keluarga tercinta.

Salah satunya pergi piknik di pantai, dengan membawa bekal dalam jumlah besar dan kemudian menyantapnya bersama-sama.

6. Mudik ke kampung halaman

Mudik ke kampung halaman, tidak selalu dilakukan sebelum atau menjelang hari Raya Idul Fitri.

Sebagian orang justru baru memilih mudik ke kampung halaman di hari kedua, lantaran berbagai alasan atau faktor salah satunya karena baru mendapatkan libur. Ataupun, mudik di hari kedua saat Lebaran lalu lintas lebih lengang sehingga cepat sampai tujuan.


Topik

Peristiwa lebaran hari kedua tips lebarna idulfitri halalbihalal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya