Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

2.000 Pilot Drone di Jatim Sudah Kantongi Sertifikasi

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

11 - Apr - 2024, 11:07

Placeholder
Ilustrasi drone (pixabay)

JATIMTIMES - Drone saat ini mengalami perkembangan yang masif, baik dari sisi pengguna maupun teknologinya. 

Selain itu, dari sisi fungsionalitasnya, drone bukan hanya sekadar hiburan atau hobi, namun juga berfungsi dalam membantu berbagai kegiatan atau pekerjaan manusia. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Dengan semakin banyaknya, pengguna drone, maka pemerintah mengeluarkan aturan
Menteri Perhubungan No. 37 Tahun 2020. Dalam regulasi Drone (PM No.37 Tahun 2022 Pasal 5) tercantum kewajiban yang harus dipenuhi oleh pilot drone, yaitu memiliki sertifikat dan izin terbang.

Andi Prakasa dari Divisi Sertifikasi Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Jatim menyampaikan bahwa pilot drone harus memahami peraturan yang ada. Peraturan dari Kementerian Perhubungan itu mengikat pilot drone. "Dengan aturan itu, tentu ada konsekuensi hukum bilamana dilanggar," ujarnya.

Terkait sertifikasi drone, Andi menjelaskan bahwa di Jawa Timur telah banyak pilot drone yang tersertifikasi melalui APDI. 

Sejak 2017 lalu digelar sertifikasi hingga tahun 2024, ada kurang lebih sebanyak 2.000 orang pilot drone yang telah tersertifikasi di Jatim. Namun karena sertifikasi ini terdapat masa aktif, maka jumlahnya bisa saja turun ataupun sebaliknya.

"Untuk perpanjangan, hanya kembali melakukan tes di lapangan," kata Andi beberapa waktu lalu saat ditemui di Universitas Negeri Malang (UM). 

Baca Juga : Daftar Wahana Baru Florawisata Santerra, Lengkap dengan Harga Tiketnya 

Lebih lanjut dijelaskan,  sertifikasi pilot drone ini merupakan hal yang penting. Sama halnya dengan mengendarai mobil, sertifikasi ini ibaratnya  SIM atau lisensi yang harus dimiliki pilot drone. 

Dengan sertifikasi ini, artinya pilot drone benar-benar memahami  bagaimana mengoperasikan drone, memahami aturan-aturan yang memang telah menjadi ketentuan dalam penerbangan drone.


Topik

Serba Serbi drone pilot drone sertifikasi Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy