Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Bersama Menseskab dan Keluarga, Mas Dhito Berkunjung ke Ndalem Pojok

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Apr - 2024, 08:50

Placeholder
Bupati Kediri, Mas Dhito bersama Menseskab berkunjung ke dalem Pojok.

JATIMTIMES - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama ayahnya, Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung dan keluarga mengunjungi Situs Ndalem Pojok di Kecamatan Wates, Senin (8/4/2024) sore.

Kedatangan Mas Dhito, sapaan akrab bupati muda ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga sang Proklamator, Ir Soekarno yang ada di Situs Ndalem Pojok sekaligus untuk menunaikan janjinya.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pantai di Malang yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024

"Dulu saya pernah berjanji, kalau saya terpilih menjadi bupati saya akan kembali ke tempat ini (Situs Ndalem Pojok) dan alhamdulilah saya bisa menunaikan janji saya," katanya.

Kedatangan Mas Dhito beserta ayahanda Pramono Anung dan keluarga disambut baik Suratmi, selaku tuan rumah dan anak-anaknya. 

Situs Ndalem Pojok menyimpan banyak kenangan perjalanan hidup sang proklamator. Di halaman Ndalem Pojok, terdapat petilasan tempat bermain dan jatuh sang Proklamator sewaktu kecil. 

Luka akibat jatuh inilah yang menjadikan Soekarno selalu memakai songkok miring untuk menutupi luka di keningnya. Selain itu ada pula petilasan tempat Soekarno muda belajar pidato di bawah pohon beringin.

Begitu memasuki dalam rumah, terdapat Kamar Presiden Soekarno, kamar bayi Soekarno yang saat itu masih bernama Koesno. Kemudian tempat Bung Karno membaca buku, dan berdiskusi.

Setelah melihat jejak kenangan hidup Presiden Soekarno, di dalam rumah Mas Dhito bersama ayahanda Pramono Anung dan keluarga mengobrol hangat dengan Suratmi beserta anak-anaknya. 

Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Kediri, Mas Dhito berharap Situs Ndalem Pojok yang menjadi saksi perjalanan hidup Bung Karno tetap dapat terjaga. 

Baca Juga : 9 Rekomendasi Playground Anak di Malang, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024

"Tetap dijaga, tetap dirawat dan tetap menjadi ikon bahwa Kediri itu dulu menjadi tempat masa kecilnya Bung Karno," pesan Mas Dhito.

Menerima kunjungan dari Bupati Kediri dan Menseskab, Suratmi mengaku senang. Diakui, sebelum menjabat menjadi bupati, Mas Dhito saat berkunjung ke Situs Ndalem Pojok pernah menyampaikan janjinya untuk kembali datang.

"Sangat bersyukur, hari ini (Mas Dhito) telah menepati janjinya," ucapnya.

Suratmi berharap, kedatangan Mas Dhito dan Menseskab Pramono Anung bersama keluarga ke Situs Ndalem Pojok dapat memberikan kebaikan bagi masyarakat Kabupaten Kediri.

Setelah cukup lama mengobrol, keluarga ini berpamitan untuk melanjutkan ziarah ke makam keluarga Bung Karno yang ada Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Pojok.(adv)


Topik

Pemerintahan Kediri Hanindhito Pramana Mas Dhito Bung Karno Ndalem Pojok



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Nurlayla Ratri