Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Masa Berlaku SIM dan STNK Habis Saat Libur Lebaran? Tenang Tidak Didenda

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

09 - Apr - 2024, 05:52

Placeholder
Petugas saat melayani pembuatam SIM di Mapolresta Malang Kota. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Bagi warga Kota Batu yang ingin mengurus beragam administrasi di wilayah Polresta Malang, tapi galau ingin mudik panjang tak perlu khawatir. Sebab pelayan administrasi pada saat libur lebaran juga tutup.

Pelayanan itu libur pada 8-15 April 2024. Bakal buka kembali pada Selasa 16 April 2024. “Karena sehubungan dengan libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri sehingga pelayanan ditutup,” ungkap Kasi Humas Polresta Malang Kota, Ipda Yudi Risdianto.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Beberapa pelayanan administrasi tersebut adalah pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) induk, Samsat Unggul, Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Sehingga bagi warga yang masa berlaku SIM dan STNK habis pada periode libur lebaran 2024 tidak perlu khawatir. Pihaknya memastikan SIM dan STNK yang habis masa berlakunya pada periode tersebut tidak akan dikenakan denda.

“Bagi pemohon yang permohonan SIM masa berlakunya habis pada tanggal 8-15 April dalam melakukan proses perpanjangan pada hari berikutnya,” imbuh Yudi.

Namun bagi pemohon SIM yang tidak melakukan perpanjangan pada tanggal tersebut, dapat diberlakukan mekanisme penerbitan SIM Baru. Sehingga masyarakat bisa melakukan adiministrasi di saat masa libur panjang selesai.

Baca Juga : 112 Tahun Santos FC, Klub Penghasil Pemain Top Brasil

Menurut Yudi, dispendasi bagi pemudik yang dokumen kelengkapannya sudah tidak aktif dilakukan demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan warga Kota Malang yang sedang mudik. 

“Jadi tidak perlu sampai kepikiran, saat mudik bisa tenang,” tutup Yudi.


Topik

Serba Serbi polresta malang kota sim layanan administrasi mudik lebaran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana