Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Mudik Gratis Bareng Bupati dan Wabup Gresik, Berangkatkan 1.030 Pemudik

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Apr - 2024, 18:18

Placeholder
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat memberangkatkan pemudik menggunakan 18 armada bus ke lokasi tujuan, Minggu (7/4/2024).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Perhubungan menggelar mudik gratis bareng Gus Yani dan Bu Min tahun 2024. Sebanyak 1.030 pemudik diberangkatkan menggunakan 18 armada bus.

Mudik kali ini secara resmi dilepas oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah beserta jajaran OPD di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Gresik, Minggu (7/4/2024). Kegiatan mudik gratis ini juga bekerja sama dengan Bank Jatim cabang Gresik.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik, Khusaini menyampaikan, pendaftaran mudik gratis dibuka sejak 19 Maret-28 Maret 2024, antusiasme warga cukup tinggi sehingga pendaftaran langsung penuh.

Total ada 1.030 pemudik, dengan 17 armada bus yang disediakan Dishub dan 1 bus dari Polres Gresik sehingga totalnya 18 bus. Setiap bus memiliki petugas pendamping dari Dishub, dan telah dilakukan tes urin kepada patlra sopir. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan masyarakat mudik lebaran, selain itu juga untuk mengurangi kecelakaan di jalan dan kemacetan arus lalu lintas pada saat menjelang lebaran," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menyebutkan, mudik gratis ini bentuk kepedulian Pemkab Gresik dalam memfasilitasi masyarakat Gresik maupun dari luar yang bekerja di Gresik.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa menambah armada bus. Sehingga dapat mengangkut saudara-saudara kita yang ingin mudik namun kehabisan kuota," kata Bu Min.

Selain mudik, Bu Min menyatakan jika pemerintah juga memfasilitasi penjemputan santri asal Gresik yang mondok di Ponpes wilayah Jawa Timur. Pihaknya juga meminta kepada pemudik untuk memastikan kondisi rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman.

Baca Juga : Pemkab Malang Petakan Kemampuan Siswa Guna Optimalisasi Program Sekolah Plus Ngaji

"Misalnya menitipkan rumahnya ke tetangga kanan-kiri yang tidak mudik. Tidak lupa mematikan kompor, air PDAM dan listrik atau barang yang dapat mengancam keselamatan bersama," imbuhnya.

Sementara itu, Pemimpin Bank Jatim Cabang Gresik Abdullah Basid mengaku senang bisa ikut berpartisipasi membantu masyarakat yang ingin pulang kampung tanpa beban biaya transportasi yang mahal, dan juga untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya.

Pihaknya siap mendukung kegiatan mudik gratis yang di selenggarakan oleh Pemkab Gresik. Sehingga pemudik bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan ke lokasi tujuan.

"Alhamdulillah bisa memberikan pengalaman mudik yang lebih nyaman dan aman bagi para pemudik yang biasanya mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sepeda motor, karena berpotensi menyebabkan kemacetan di ruas-ruas jalan non-tol, juga lebih riskan terhadap terjadinya kecelakaan," paparnya.


Topik

Pemerintahan Mudik Gratis Pemkab Gresik Gresik mudik lebaran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

Sri Kurnia Mahiruni