Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Mau Mudik, Ikuti 6 Tips Ini Pastikan Rumah Kamu Aman dan Terlindungi 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Apr - 2024, 17:58

Placeholder
Ilustrasi mudik jelang lebaran. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Mudik Lebaran adalah tradisi tahunan di Indonesia di mana orang-orang kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat. Mudik Lebaran biasanya dilakukan beberapa hari sebelum Idul Fitri dan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang.

Selain memperhatikan keamanan saat di perjalanan, pemudik juga harus memperhatikan keamanan rumah saat ditinggal mudik. Pastikan rumah dalam kondisi aman dan terlindungi. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sebelum berangkat mudik: 

1. Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Periksa semua pintu dan jendela untuk memastikan bahwa mereka terkunci dengan baik sebelum meninggalkan rumah. Ini akan membantu mencegah akses masuk yang tidak diinginkan ke dalam rumah kamu.

2. Matikan Listrik dan Gas

Pastikan untuk mematikan sumber daya seperti listrik dan gas sebelum pergi. Ini akan membantu mencegah risiko kebakaran atau kebocoran gas selama tidak berada di rumah.

3. Pastikan Sistem Keamanan Berfungsi

Jika kamu memiliki sistem keamanan seperti alarm atau kamera pengawas, pastikan semuanya berfungsi dengan baik sebelum pergi. 

4. Sisir Lingkungan

Baca Juga : Pemkab Malang Petakan Kemampuan Siswa Guna Optimalisasi Program Sekolah Plus Ngaji

Luangkan waktu untuk memeriksa sekitar rumah, termasuk halaman belakang dan garasi, untuk memastikan tidak ada yang mencurigakan. Jika kamu memiliki taman, pastikan semak-semak dipangkas agar tidak memberi tempat berlindung kepada penyusup.

5. Simpan Barang Berharga dengan Aman

Pastikan barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, dan dokumen penting disimpan dengan aman di tempat yang tidak terlihat atau sulit dijangkau.

6. Minta Bantuan Tetangga atau Teman Mintalah bantuan tetangga atau teman untuk mengawasi rumah kamu selama pergi. Mereka dapat membantu memantau keamanan rumah kamu dan memberi tahu jika ada masalah.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, kamu dapat meninggalkan rumah dengan pikiran yang tenang dan fokus sepenuhnya pada liburan tanpa khawatir tentang keamanan rumah. Selamat libur Lebaran!


Topik

Peristiwa Mudik Lebaran pengamanan mudik lebaran tips mudik aman



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni