Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemkab Malang akan Perluas Lahan TPA Paras Poncokusumo, Bupati: Karena Sudah Penuh

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Apr - 2024, 14:46

Placeholder
Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui di Pendapa Kantor Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Kamis (28/3/2024). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berencana akan memperluas lahan pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Paras yang terletak di Desa Karangnongko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. 

Bupati Malang HM. Sanusi menyampaikan, rencana perluasan lahan TPA Paras Poncokusumo merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam mengelola sampah secara baik dan efektif. 

Baca Juga : Pemkab Malang Petakan Kemampuan Siswa Guna Optimalisasi Program Sekolah Plus Ngaji

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Malang itu menyampaikan, bahwa pihaknya berupaya terus meningkatkan kapasitas lahan untuk pembuangan sampah yang lebih efektif.

"Masih di upgrade terus (TPA Paras Poncokusumo), perlu penambahan lahan, karena memang sudah penuh," ungkap Sanusi kepada JatimTIMES.com. 

Disinggung mengenai kebutuhan lahan yang akan ditambahkan di kawasan TPA Paras Poncokusumo, Sanusi menyebut sekitar 2 hektare. Menurutnya, kebutuhan lahan sekitar 2 hektare tersebut sudah masuk dalam tahap perencanaan. 

"Mungkin (kebutuhan lahan) sekitar 2 hektare. Itu sudah masuk di perencanaan di Dinas Pertanahan," kata Sanusi. 

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan, bahwa perluasan lahan TPA Paras Poncokusumo diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2025 mendatang. Pasalnya, untuk perluasan lahan TPA Paras Poncokusumo juga membutuhkan perencanaan dan pembahasan yang matang. 

"Tahun depan (perluasan lahan TPA Paras Poncokusumo) terealisasi," ujar Sanusi. 

Mengenai alokasi anggaran yang akan dipersiapkan untuk perluasan lahan TPA Paras Poncokusumo, pihaknya mengaku akan membahas kembali dengan pihak terkait, serta melibatkan tim appraisal untuk menentukan harga lahan yang akan dibeli oleh Pemkab Malang untuk perluasan lahan TPA Paras Poncokusumo. 

"(Alokasi anggaran yang disiapkan) ya nanti tergantung dari appraisal," tutur Sanusi. 

Baca Juga : Tahun 2024, Dishub Kota Malang Bakal Buka Titik e-Parkir Baru

Sementara itu, untuk operasional TPA Paras Poncokusumo yang lebih optimal, Pemkab Malang juga telah menjalin kerja sama dengan Alliance to End Plastic Waste melalui Program Bersih Indonesia yang didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI. 

Di mana pada tahap pertama, direncanakan terdapat dua Material Recovery Facilities (MRF) dan dua stasiun transfer akan dibangun dalam dua tahun ke depan. Pada kuartal keempat tahun 2024, MRF pertama akan selesai dibangun di TPA Paras Poncokusumo. 

Selanjutnya, juga akan dikenalkan layanan pengumpulan sampah rumah tangga Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang terjangkau. Lebih dari 230.000 rumah tangga di 170 desa akan dilibatkan dalam peluncuran layanan ini. Di mana program ini nantinya diperkirakan akan menciptakan lebih dari 1.400 lapangan kerja. 

Melalui Program Bersih Indonesia, Alliance to End Plastic Waste akan memberikan hibah sarana dan prasarana persampahan serta memberikan pendampingan teknis di Kabupaten Malang. 

Hibah yang akan diserahkan, di antaranya 428 unit motor roda tiga, 15 unit truk pick-up, 18 unit truk armroll, 26 unit container pengangkutan, 397.686 tempat sampah rumah tangga dan 16.000 tempat sampah non-rumah tangga.


Topik

Pemerintahan Pemkab Malang TPA Paras Poncokusumo sampah pengelolaan sampah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni