Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pimpin Perumda Tugu Tirta, Handi Priyanto Optimalkan Potensi Penambahan Laba

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

12 - Apr - 2024, 10:42

Placeholder
Plt Direktur Perumda Tugu Tirta Kota Malang Handi Priyanto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Plt Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Tirta Kota Malang, Handi Priyanto berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi penambahan laba. Hal tersebut akan ia coba untuk dimaksimalkan. 

"Dalam catatan kami masih memungkinkan Perumda Tugu Tirta menambah laba," ujar Handi belum lama ini. 

Baca Juga : Pemkab Malang Targetkan IPM Sangat Tinggi di 2027, Capaian Terkini 73,00

Handi mengatakan, hal tersebut salah satunya dapat dilakukan mengoptimalkan laba dari banyaknya usaha resto dan kafe di Kota Malang. Yang saat ini dinilai masih terus berkembang. 

"Resto dan kafe di Kota Malang berkembang, puluhan sampai ratusan," imbuh Handi. 

Dirinya menjelaskan, di Kota Malang yang paling banyak terjadi adalah pengembangan rumah tinggal menjadi tempat usaha. Baik menjadi usaha resto ataupun kafe. 

Sedangkan untuk bangunan yang semula dibangun untuk usaha resto dan kafe lalu difungsikan menjadi rumah tinggal lebih sedikit. 

"Jarang ada kafe atau resto, dibangun ruko (untuk tempat tinggal). Itu hanya 10 peraen. Nah 90 persen adalah rumah tinggal dijadikan kafe resto," kata Handi. 

Handi mengatakan, untuk dua rumah tinggal dan usaha resto atau kafe, ada perbedaan kelas berikut dengan tarif penggunaan airnya. Untuk rumah tinggal kelas 2 dan kelas 4 untuk usaha resto dan kafe. 

"Secara logika rumah tinggal adalah kelas dua. Begitu dijadikan resto harus naik kelas ke empat," imbuh Handi. 

Baca Juga : Pemkab Malang Optimalkan Pelatihan, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Capai 89,91 Persen

Hal tersebut yang ia coba ditangkap menjadi sebuah peluang menambah laba. Mengingat usaha resto dan kafe di Kota Malang juga masih berkembang selama beberapa waktu terakhir. 

"Kalau (usaha) tutup bisa dijadikan ke kelas 2 lagi. Itu yang saya minta untuk dilakukan pemetaan. Rumah tinggal yang dijadikan resto," kata Handi. 

Dalam hal ini, dirinya menyarankan agar Perumda Tugu Tirta bisa melakukan pendataan satu per satu. Atau, bisa berkolaborasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk pendataan usaha resto dan kafe. 

"Cara sulitnya silahkan didata satu per satu. Cara mudahnya, silahkan datang ke Bapenda, dan ada datanya," pungkas Handi. 


Topik

Pemerintahan Perumda Tugu Tirta PDAM Kota Malang Handi Priyanto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri