Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi Serba-Serbi Ramadan

Jangan Es Teh Melulu, Ini 3 Alternatif Teh Sehat dan Banyak Manfaat untuk Buka Puasa

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

06 - Apr - 2024, 17:25

Placeholder
Teh Hijau, salah satu alternatif pengganti teh hitam. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Es teh sejauh ini masih menjadi minuman favorit saat buka puasa. Bukan tanpa alasan, minuman yang satu ini memang sangat menyegarkan dan ampuh menghilangkan haus usai menahan dahaga sepanjang hari.

Namun fakta yang harus kamu ketahui yakni, es teh yang terbuat dari teh hitam ternyata tidak disarankan untuk berbuka puasa? Teh hitam yang biasa kamu konsumsi ternyata berdampak buruk bagi tubuh jika diminum saat berbuka puasa alias dalam perut kosong.

Baca Juga : Cuma Ekspor Sapu Lidi, Kamu Bisa Jadi Sultan 

Meminum teh hitam saat perut kosong bisa mengganggu keseimbangan asam dan basa, sehingga mengganggu aktivitas metabolisme. Tidak hanya itu, teh hitam juga bersifat diuretik yang bisa memperburuk kondisi dehidrasi.

Namun tak usah khawatir, bagi penggemar teh yang tetap ingin mengkonsumsi teh meski setelah berpuasa, maka kamu bisa pilih alternatif teh pengganti teh hitam.

Bagi penggemar teh mungkin bisa mencoba 3 teh alternatif ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 teh alternatif pengganti teh hitam yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

1. Teh Herbal

Teh Herbal

Alternatif teh pengganti teh hitam yang pertama adalah teh herbal. Teh herbal yang merupakan ramuan dari berbagai daun, biji, akar, atau buah kering ini bisa didapatkan dengan mudah dan terdiri dari banyak jenis. 

Melansir dari laman The Culture of The World, teh herbal yang terbuat dari bahan-bahan seperti peppermint, kamomil, rooibos, atau jahe adalah pilihan yang sangat baik saat berpuasa. Teh herbal yang bebas kafein serta membantu menghidrasi ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan dapat menenangkan perut sekaligus memberikan sensasi hangat dan nyaman. 

Kamu juga bisa coba teh detoks herbal jika ingin fokus pada detoksifikasi tubuh. Teh detoks herbal dengan kombinasi bahan pembersih seperti akar dandelion, jelatang, atau burdock mendukung proses pembersihan alami tubuh dan menjaga kesehatan.

2. Teh Hijau

Teh Hijau

Terkenal lebih sehat dibandingkan teh hitam, teh hijau juga disarankan diminum selama puasa Ramadan. 

Teh hijau terkenal dengan banyak manfaat kesehatannya dan bahkan menjadi jurus ampuh untuk mempertahankan tubuh ideal selama bulan puasa.

Meskipun mengandung sedikit kafein, kadarnya jauh lebih rendah dibandingkan teh hitam atau kopi. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh dan kulit. Waktu terbaik untuk minum teh hijau adalah setelah makan sebab teh hijau juga tidak disarankan untuk perut kosong.

3. Teh Putih

Teh Putih


Teh ini mungkin kurang familier, namun teh putih ternyata merupakan pilihan yang baik pengganti teh hitam. Teh putih merupakan teh yang paling sedikit diproses dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh yang satu ini juga menawarkan rasa yang lembut dan ringan.

Mengandung sedikit kafein, teh putih menjadi pilihan yang baik dikonsumsi selama berpuasa ramadan. Terbuat dari daun teh termuda yang masih menggulung di bagian pucuk pohon, teh putih mengandung antioksidan dan zat lain yang baik bagi tubuh selama berpuasa ramadan.


Topik

Serba Serbi teh sehat teh untuk buka puasa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri