Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Jelang Lebaran, Lapas Kelas I Malang Gelorakan Zero Halinar

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Apr - 2024, 15:58

Placeholder
Operasi gabungan yang digelar di Lapas Kelas I Lowokwaru Malang (foto: Lapas Kelas I Lowokwaru Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KA KPLP) Kelas I Malang dengan jajaran Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) bersinergi dengan anggota TNI, Polri dan BNN melaksanakan operasi gabungan menyisir blok hunian. 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 tahun pada 27 April 2024.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Diketahui sinergitas aparat penegak hukum yang turut melaksanakan operasi adalah 50 Anggota Satgas Kamtib dipimpin Kepala Bidang Kamtib, Supriyanto. Lalu 5 personel dari BNN Kota Malang yang dipimpin oleh Didik Tri Wahyu, 5 personel TNI dari Koramil Blimbing yang dipimpin oleh Amin Dimyati dan 5 personel Polri dari Polsek Blimbing yang dipimpin oleh Ipda Mulyadi.

Operasi dilaksanakan di blok hunian tahanan atau blok Brawijaya yang terdiri dari 10 Kamar Tahanan dan 2 kamar Isolasi Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling). Sebelum dilakukannya operasi penggeledahan, terlebih dahulu telah dilakukan apel pasukan yang disiapkan oleh KA KPLP.

Dari hasil operasi pada sore ini, hanya ditemukan beberapa benda logam terlarang berupa beberapa sendok metal, gunting dan korek api. Penyitaan benda tersebut disaksikan langsung oleh Ketua Tim dari masing-masing satuan tugas yang terutama mengawal pelaksanaan operasi pada sore ini.

Kalapas Kelas I Malang, Ketut Akbar Herry Achjar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya menjaga sinergitas antar Lapas Malang dengan APH di Kota Malang. Hal itu juga untuk menciptakan kondusifitas di wilayah Kota Malang.

“Kegiatan operasi gabungan ialah bukti Lapas Malang siap menjaga sinergitas antar APH demi menjaga keamanan dan ketertiban. Serta merupakan komitmen Lapas Malang dalam mewujudkan Lapas Zero Halinar (handphone, pungutan liar, dan narkoba),” ungkap Akbar.

Baca Juga : Siapa Pengisi Kursi Pimpinan DPRD Kabupaten Malang? PKB: Tunggu Instruksi DPP

Sementara KA KPLP, Mastur menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait yang berpartisipasi untuk membantu melakukan operasi. Menurutnya, tanpa sinergitas tentunya tidak akan bisa menciptakan suasana keamanan.

“Alhamdulillah operasi gabungan berjalan dengan lancar. Terimakasih atas dukungan dan kerjasama untuk anggota Satgas Kamtib, TNI, Polri serta BNN. Semoga kekompakan ini selalu dapat kita rawat bersama demi menjaga keamanan dan ketertiban,” tutur Mastur.


Topik

Peristiwa Lapas Kelas I Malang lapas malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni