Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

KONI Jatim Jadwalkan Verifikasi Venue Porprov IX/2025 di Malang Raya Bulan Ini

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Apr - 2024, 14:37

Placeholder
Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil.

JATIMTIMES - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) berencana melakukan verifikasi venue Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX/2025 di Malang Raya pada bulan April ini. Terkait hal itu, KONI Jatim meminta tiga daerah yang jadi tuan rumah, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu agar segera bersiap.

"Kami minta harus segera mempersiapkan perencanaan anggaran, lalu pembagian venue, karena kemudian April minggu ketiga KONI Jatim akan verifikasi venue,” ungkap Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil menjelaskan, dikonfirmasi Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga : Pemkab Malang Buka Wacana Vaksin Booster Lanjutan Guna Cegah Penyakit Ternak

Pihaknya juga telah menggelar pertemuan khusus dengan tuan rumah Porprov IX/2025, yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu di Gedung KONI Jatim, Surabaya, pada Kamis 4 April 2024 lalu. Nabil menjelaskan, pertemuan tersebut untuk berkoordinasi terkait persiapan tiga daerah yang akan menjadi tuan rumah. 

“Kami mengundang Ketua KONI dan perwakilan masing-masing Pemkab dan Pemkot yang dihadiri masing-masing Kadispora," jelasnya.

Dari hasil pertemuan tersebut, muncul kesepakatan mengenai pembagian lokasi tanding masing-masing cabang olahraga (cabor). Kota Malang akan menyelenggarakan pertandingan untuk 30 cabor, kemudian Kabupaten Malang akan menggelar 20 cabor, dan 12 cabor diselenggarakan di Kota Batu. 

“Ini adalah hasil kesepakatan bersama tiga daerah, namun belum keputusan fix, karena nanti April minggu ketiga kami akan melakukan verifikasi venue ke sana,” tambah Nabil. 

Dari paparan yang ada, Nabil mengaku senang, karena ketiga tuan rumah benar-benar serius menyiapkan penyelenggaraan Porprov. Dikatakannya, venue maing-masing sudah siap, kemudian telah menyiapkan anggaran untuk renovasi. Selain itu, akomodasi juga disebut sangat siap.

Nabil juga telah mendapat pemaparan mengenai persiapan tempat-tempat wisata. Terlebih, Malang Raya dikenal sebagai kota tujuan wisata. Dari segi akomodasi dan transportasi, KONI Jatim sangat yakin dengan kesiapan ketiga daerah ini.

Baca Juga : KONI Kota Malang Sebut Porprov IX Jatim Akan Dikemas Sport Tourism, Begini Gambarannya

Kini, pihaknya tinggal memastikan lagi kesiapan tersebut dengan melakukan cek ulang untuk kesiapan venue. Dengan itu, Nabil berharap, tiga daerah dapat menjadi tuan rumah yang baik, serta memberi dampak positif bagi perekonomian setempat. 

“Penekanan kami harus ada peningkatan ekonomi. Maka tuan rumah perlu menggaungkan kegiatan Porprov sehingga ada efek positif yang mengena bagi masyarakat,” pungkasnya. 

Nantinya, tiga tuan rumah diminta kembali memaparkan kesiapan kepada seluruh KONI kabupaten/kota dan Pengprov Cabor se-Jatim. Pemaparan itu akan disampaikan dalam kegiatan Rakerprov KONI Jatim 2024 di Surabaya, 29 April 2024 mendatang.


Topik

Olahraga Porprov Jatim KONI jatim Porprov



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni