Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Dishub Kabupaten Blitar Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran, Petakan Titik Rawan Macet

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Apr - 2024, 12:45

Placeholder
Perempatan Kali Pucung, salah satu titik rawan macet di Kabupaten Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar telah mengidentifikasi beberapa titik rawan macet yang dapat menjadi potensi kemacetan selama arus mudik Lebaran tahun ini. 

Menurut Agus Santosa, Kepala Dishub Kabupaten Blitar, perempatan Kalipucung Sanankulon Blitar menjadi salah satu titik yang dipetakan sebagai daerah rawan macet. "Ada beberapa titik yang dipetakan menjadi daerah rawan macet saat arus mudik Lebaran 2024," ungkap Agus pada Jumat (5/4/2024). 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Selain perempatan Kalipucung Sanankulon Blitar, titik-titik lain yang diidentifikasi sebagai rawan macet adalah jalur Kesamben, jalur Kalipucung Sanankulon, jalur Sawentar Kanigoro, jalur Kendalrejo Talun. Menurut Agus, titik-titik ini memiliki riwayat kemacetan setiap tahunnya saat arus mudik maupun saat Lebaran tiba.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Dishub Kabupaten Blitar telah melakukan berbagai upaya mitigasi di lokasi-lokasi rawan. Upaya tersebut meliputi pemasangan barrier, rekayasa lalu lintas yang telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, serta pemasangan petunjuk jalan alternatif. "Kami telah melakukan mitigasi lokasi rawan kemacetan dengan berbagai cara, seperti pemasangan barrier dan rekayasa lalu lintas yang berkoordinasi dengan Kepolisian," jelas Agus.

Tak hanya itu, Dishub Kabupaten Blitar juga terus berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Blitar dan Polres Blitar Kota terkait pengaturan arus lalu lintas selama masa mudik Lebaran. "Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Satuan Lalu Lintas Polres Blitar dan Polres Blitar Kota, untuk mengatur arus lalu lintas saat mudik Lebaran," tambah Agus.

Baca Juga : Pemkab Malang Petakan Kemampuan Siswa Guna Optimalisasi Program Sekolah Plus Ngaji

Dengan langkah-langkah tersebut, Dishub Kabupaten Blitar berharap dapat mengurangi potensi kemacetan yang terjadi selama arus mudik Lebaran tahun ini. Meskipun demikian, masyarakat diimbau untuk tetap mempersiapkan diri dengan baik dan memilih waktu serta rute perjalanan yang tepat guna menghindari kemacetan yang mungkin terjadi.


Topik

Peristiwa Mudik Gratis mudik lebaran 2024 idul fitri 2024 mudik lebaran Dishub Kabupaten Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni