Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Sebelum Mudik Yuk Lakukan Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Libur Panjang

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

08 - Apr - 2024, 22:06

Placeholder
Petugas kepolisian saat melakukan patroli temukan aksi balap liar di Kota Malang.

JATIMTIMES - Libur lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik ke daerahnya. Khususnya bagi warga Kota Malang yang melakukan mudik, Polresta Malang Kota mengimbau untuk melakukan beberapa hal saat meninggalkan rumah.

Perhatikan beberapa Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Libur Panjang. Beberapa tips aman ini wajib dilakukan agar saat mudik perasaan bisa lebih tenang dan menghindari hal-hal yahg tidak diinginkan.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Kasi Humas Polresta Malang Kota, Ipda Yudi Risdianto mengatakan, sebelum meninggalkan ada 8 tips aman meninggalkan rumah saat libur panjang demi menjaga ketertiban masyarakat. Pertama matikan saluran PAM dan keran air.

“Sebelum pergi pastikan saluran PAM dan keran air dalam kondisi tidak mengalir,” ungkap Yudi.

Langkah selanjutnya adalah mengunci pintu dan jendela seluruh rumah. Pastikan semua pintu dan jendela dikunci rapat, dengan tidak meninggalkan celah. Jangan lupa mencabut listrik dan gas, untuk meminimalisir risiko kebakaran. Matikan semua perangkat elektronik, cabut kabel dan stop kontak. 

Tips aman selanjutnya adalah menyimpan barang berharga di tempat aman. Disarankan untuk lebih baik menitipkannya ke Bank dan Pegadaian. Yang tak kalah pentingnya adalah membersihkan rumah dan menutup lubang pembuangan. Agar rumah tidak berbau, bersihkan terlebih dahulu sebelum berangkat.

“Jangan biarkan rumah terlihat kosong. Misalnya, mintalah loper tidak mengantar koran dulu agar tidak menumpuk di depan rumah,” imbuh Yudi.

Baca Juga : Siapa Pengisi Kursi Pimpinan DPRD Kabupaten Malang? PKB: Tunggu Instruksi DPP

Kemudian titipkan rumah kepada orang terpercaya. Titipkan ke tetangga yang tidak mudik atau petugas keamanan di lingkungan sekitar. Terakhir pasangkan lampu otomatis pada rumah kalian. Lampu otomatis ini, lampu yang jika sudah menandakan pagi hari mati dan malam menyala. Sehingga rumah tetap terlihat ada orang di dalamnya.

Meski demikian, pihaknya tentu akan melakukan patroli di setiap kelurahan, demi menjaga ketertiban masyarakat dan mencegah terjadinya kriminalitas di lingkungan Kota Malang.


Topik

Serba Serbi mudik tips mudik tips tinggalkan rumah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana