Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Cegah Calo dan Pungli, Polres Malang Terapkan E-Drives di Satpas Prototipe

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

13 - Apr - 2024, 10:22

Placeholder
Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana (kanan) saat meninjau Satpas Prototipe Polres Malang yang berlokasi di Dusun Tegaron, Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang pada beberapa waktu lalu. (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izin Mengemudi (Satpas) Prototipe Polres Malang resmi beroperasi sejak Februari 2024. Keberadaan Satpas Prototipe yang berlokasi di Dusun Tegaron, Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut telah dilengkapi dengan teknologi canggih. Yakni E-Drives (Electronic Driving Test System).

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengungkapkan, penerapan teknologi E-Drives tersebut ditujukan guna mewujudkan komitmen pemberantasan calo dan pungli dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca Juga : Polres Malang Sebar 7 Ribu Stiker Keselamatan Berkendara, Angka Kecelakaan Turun 38 Persen di 2024

"Kebijakan saya tidak berubah, dari awal saya datang (menjabat Kapolres Malang) sampai saat ini kami komitmen meniadakan pungli dan calo," tegas Kholis.

Komitmen tersebut, lanjut Kholis, tetap berlaku meski pejabat Kasatlantas Polres Malang mengalami pergantian. Yakni saat awal Kholis menjabat Kapolres Malang yang dulu Kasatlantas Polres Malang dijabat oleh AKP Agnis Juwita, hingga kini digantikan oleh AKP Adis Dani Garta, komitmen pemberantasan pungli dan calo tetap diberlakukan.

"Walaupun berganti Kasatlantas juga tetap saja, kebijakannya sama, tidak berubah. Jujur, memang komitmen ini saya tempuh di (Polres) Malang ini ya karena memang sudah waktunya kita terbebas dari pungli dan calo," tutur Kholis.

Perwira Polri dengan pangkat dua melati ini tidak memungkiri dalam realita di lapangan, komitmen memberantas pungli dan calo memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebab, para oknum calo tersebut selalu mencari celah guna melancarkan aksinya.

Hingga akhirnya, pada akhir Desember 2023 lalu, oknum calo pengurusan SIM diringkus Polres Malang. Tersangkanya bernama Arifin warga Desa Jeru, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Tersangka berusia 65 tahun tersebut diamankan petugas lantaran sempat berulangkali menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Kantor Satpas Polres Malang, Jalan Panglima Sudirman, Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lantaran mengganggu jalannya pelayanan pengurusan SIM, Arifin akhirnya diproses secara hukum dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga : Tak Kenakan Helm Saat Berkendara, Remaja di Kepanjen-Singosari Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas

"Secara mindset memang perlu waktu, tapi ya kapan lagi kalau bukan sekarang. Selama saya di sini (Polres Malang), saya pastikan, saya akan komitmen terhadap pemberantasan pungli dan calo di Satpas," ujar Kholis.

Dalam rangka mewujudkan komitmen itulah, Kholis menyebut, Satpas Prototipe telah dibekali dengan infrastruktur yang memadai. Termasuk penerapan teknologi E-Drives.

"Pada ujian praktik di Satpas Prototipe itu ada E-Drives. Kami pakai peralatan yang terbaru seperti misalnya pada pembatas ketika ujian praktik. Kalau (ketika ujian) menyenggol atau melebihi batas yang ditentukan, itu akan bunyi dan langsung dinyatakan gagal. Semua itu terekam di komputer, sehingga bisa meminimalisir praktik pungli maupun calo," pungkasnya.


Topik

Peristiwa calo pungli e drivers polres malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana