Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Fasilitasi Penukaran Uang, Pemkab Malang Gelar Pasar Lebaran 2024

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

09 - Apr - 2024, 14:06

Placeholder
Ratusan warga ketika mengantre penukaran uang baru saat Pasar Lebaran 2024 yang diadakan Pemkab Malang pada saat jelang lebaran 2024. (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menggelar Pasar Murah Lebaran 2024. Selain bertujuan untuk menekan inflasi melalui penyediaan beberapa kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Agenda Pasar Lebaran tersebut juga ditujukan bagi warga yang berminat menukarkan uang baru.

"Sebenarnya kalau penukaran uang bukan kewenangan Pemkab Malang, itu kewenangannya BI (Bank Indonesia). Masyarakat punya cara sendiri (untuk menukarkan uang baru). Tapi pada Pasar Lebaran kami juga melaksanakan penukaran uang," tutur Bupati Malang HM. Sanusi.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Sekedar informasi, agenda perdana Pasar Lebaran 2024 tersebut diselenggarakan di Kantor Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang pada Sabtu (30/3/2024). Pasar Lebaran 2024 merupakan salah satu program Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang dalam rangka menekan inflasi.

"Pada Pasar Lebaran ada 65 pihak yang dilibatkan. Yakni mulai dari perusahaan, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) hingga UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah)," terang Sanusi.

Banyaknya pihak yang turut dilibatkan tersebut, membuat Pasar Lebaran 2024 menyedot animo tinggi dari masyarakat. Bahkan, dalam hitungan sekitar tiga jam, beberapa layanan yang disediakan pada Pasar Lebaran 2024 mulai dari sembako murah, hasil pertanian dan perikanan, beragam keperluan lebaran mulai dari jajanan, atribut lebaran, perabotan dapur, hingga penukaran uang baru telah ludes diserbu warga.

"Animo masyarakat terhadap Pasar Lebaran cukup tinggi, terutama adalah penukaran uang yang juga melibatkan Bank Jatim. Agenda di buka jam 08.00 WIB, ternyata mereka (warga) jam 06.30 sudah mulai berbaris untuk antre ingin menukarkan uang," pungkas Sanusi.

Baca Juga : Polres Malang Sebar 7 Ribu Stiker Keselamatan Berkendara, Angka Kecelakaan Turun 38 Persen di 2024

Terobosan Pemkab Malang dalam memfasilitasi penukaran uang baru tersebut juga sekaligus untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Fiqoh warga Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang mengaku enggan menukarkan uang di jasa perorangan pinggir jalan lantaran takut peredaran uang palsu.

Pertimbangan lainnya, adanya biaya jasa yang harus dibayarkan juga menjadi alasan bagi wanita 28 tahun tersebut, untuk tidak menukarkan uang baru di jasa perorangan pinggir jalan.


Topik

Pemerintahan bupati malang pasar murah lebaran bupati sanusi pemkab malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana