Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemkab Malang Targetkan IPM Sangat Tinggi di 2027, Capaian Terkini 73,00

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

14 - Apr - 2024, 00:02

Placeholder
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mewakili Bupati Malang HM. Sanusi saat menandatangani berita acara Musrenbang RKPD Kabupaten Malang tahun 2025 dan RPJPD Kabupaten Malang tahun 2025 - 2045 yang berlangsung di Pendapa Kabupaten Malang pada beberapa waktu lalu.

JATIMTIMES - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Malang masuk kategori tinggi. Ditargetkan, pada 2027 IPM Kabupaten Malang meningkat menjadi kategori sangat tinggi.

Guna merealisasikan peningkatan IPM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bakal mewujudkan perekonomian digital. Sedangkan langkah konkrit yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Caranya dengan memberikan fasilitas pendidikan yang memadai.

Baca Juga : Pengguna Jaringan Internet saat Lebaran Diprediksi Naik, Dua Provider Siap Tingkatkan Layanan

Upaya pemerintah dalam peningkatan capaian IPM tersebut, disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto. Menurutnya, jika SDM unggul dan perekonomian digital terwujud, maka target IPM Kabupaten Malang meningkat jadi kategori sangat tinggi bakal terealisasi di 2027.

"Perlu adanya percepatan peningkatan SDM, pada saat masyarakat kita itu pintar, maka bisa mengikuti pertumbuhan perekonomian berbasis digitalisasi," ungkap Didik saat ditemui belum lama ini.

Didik menambahkan, SDM dan sektor perekonomian merupakan satu kesatuan. Sehingga jika secara SDM sudah memadai, maka secara otomatis dapat meningkatkan perekonomian. Termasuk mewujudkan perekonomian berbasis digitalisasi.

"Jika pertumbuhan perekonomian dan pertumbuhan manusianya tercapai. Maka juga akan berdampak pada pertumbuhan pembangunannya," imbuhnya.

Baca Juga : Cara Cek Tarif Tol Mudik Lebaran Pakai Handphone, Cukup Pakai Ini 

Jika setidaknya tiga sektor utama tersebut tercapai, Didik optimis IPM Kabupaten Malang di 2027 akan naik menjadi kategori sangat tinggi. "Kalau beberapa faktor itu bisa di optimalkan secara bersamaan, maka bisa jadi satu indikator sebuah keberhasilan," tuturnya.

Dijelaskan Didik, IPM Kabupaten Malang saat ini sudah berada pada kategori tinggi. Yakni pada angka 73,00. "Tahun 2023, IPM Kabupaten Malang yaitu 73,00. Capaian tersebut sudah termasuk kategori tinggi, artinya sudah mendekati sangat baik (tinggi)," pungkas Didik.


Topik

Pemerintahan ipm ipm kabupaten malang wabup malang pemkab malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana