Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Bupati Sanusi Bersyukur Konflik PTPN dan Warga Bumirejo di Kebun Kalibakar Terjadi Perdamaian

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

05 - Apr - 2024, 09:49

Placeholder
Bupati Malang HM. Sanusi saat memberikan keterangan kepada awak media di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis (4/4/2024). (Foto: Dok. Istimewa)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi selaku pimpinan daerah Kabupaten Malang mengaku bersyukur atas perdamaian yang terjadi antara PT. Perkebunan Nusantara I Regional 5 dengan masyarakat Desa Bumirejo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang terkait konflik lahan perkebunan Kalibakar seluas 545 hektare.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang itu mengatakan, bahwa dirinya mengetahui adanya konflik di perkebunan Kalibakar ini sejak tahun 1990-an. Tepatnya sekitar tahun 1998 saat era reformasi. 

Menurut Sanusi, perdamaian yang terjadi antara pihak PTPN I Regional 5 dengan masyarakat Desa Bumirejo, Kecamatan Dampit ini merupakan peristieawa besar. Pasalnya, konflik pengelolaan lahan perkebunan Kalibakar ini sudah terjadi kurang lebih 26 tahun. 

"Seingat saya, ketika reformasi ada peristiwa pembabatan di Malang dan terjadi penguasaan lahan garapan PTPN I Regional 5 Kalibakar, semua tanah-tanah itu dikuasai oleh masyarakat," ungkap Sanusi dalam keterangannya dihadapan awak media. 

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini mengatakan, dengan adanya perjanjian perdamaian antara PTPN I Regional 5 dengan masyarakat Desa Bumirejo, masing-masing dapat bekerja dengan tenang. 

"Terjadinya islah antara PTPN dengan masyarakat, kedua belah pihak dapat menggarap tanah negara yang tentunya bisa menghasilkan untuk kedua belah pihak," kata Sanusi. 

Sementara itu, Sanusi juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang Rachmat Supriady yang telah menginisiasi sejak awal hingga muncul perjanjian damai antara kedua belah pihak. 

"Saya selaku Bupati Malang menyampaikan terima kasih kepada masyarakat petani Kalibakar dan PTPN I Regional 5 yang berkenan untuk melakukan islah ini," tandas Sanusi. 

Sementara itu, seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada Kamis (4/4/2024) lalu, terjadi penandatanganan piagam perdamaian antara pimpinan PTPN I Regional 5 dengan perwakilan masyarakat Desa Bumirejo di Peringgita  Pendapa Agung Kabupaten Malang. 

Di mana pada momentum penandatanganan piagam perdamaian tersebut, jajaran Forkopimda Kabupaten Malang juga turut membubuhkan tanda tangan. Di antaranya Bupati Malang HM. Sanusi, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang Rachmat Supriady, Dandim 0818/Malang-Batu Letkol Inf Yudi Sancoyo, Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, serta perwakilan dari DPRD Kabupaten Malang dan Pengadilan Negeri Kepanjen Kelas IB.
 


Topik

Pemerintahan bupati malang konflik lahan ptpn pemkab malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana