Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Internasional

Israel vs Iran Memanas, Netanyahu Nyatakan Siap Perang

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

05 - Apr - 2024, 20:54

Placeholder
Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei berdoa di samping peti mati anggota Korps Garda Revolusi Islam yang tewas dalam serangan udara Israel di kompleks kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, saat upacara pemakaman di Teheran, Iran, 4 April 2024. (Foto: Kantor Pemimpin Tertinggi Iran/WANA)

JATIMTIMES - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan siap menghadapi kemungkinan serangan balasan setelah munculnya dugaan pembunuhan terhadap jenderal-jenderal Iran di Damaskus pekan ini. 

Melansir Reuters, Jumat (5/4), Netanyahu menegaskan bahwa negaranya akan melawan siapa pun atau negara mana pun yang merugikan negaranya.  "Kita siap melawan siapa pun yang merugikan kita atau berencana untuk merugikan kita," ungkap Netanyahu. 

Baca Juga : Cuma Ekspor Sapu Lidi, Kamu Bisa Jadi Sultan 

Diketahui, kemungkinan Iran membalas serangan udara Israel di kompleks kedutaan Iran di Damaskus telah meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya perang yang lebih luas. Meskipun dua sumber Iran mengatakan akan disesuaikan untuk menghindari perang meluas.

“Selama bertahun-tahun, Iran telah bertindak melawan kami, baik secara langsung maupun melalui proksinya; oleh karena itu, Israel bertindak melawan Iran dan proksinya, secara defensif dan ofensif,” kata Netanyahu 

“Kami akan tahu cara membela diri dan kami akan bertindak berdasarkan prinsip sederhana, siapa pun yang menyakiti kami atau berencana untuk menyakiti kami, kami akan menyakiti mereka,” imbuhnya. 

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden berbicara dengan Netanyahu dan mereka membahas ancaman Iran. Biden menjelaskan bahwa Amerika Serikat sangat mendukung Israel dalam menghadapi ancaman tersebut.

Baca Juga : 10 Negara Kunci Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satunya?

Sebelumnya, Iran, musuh bebuyutan Israel, telah bersumpah akan membalas dendam atas pembunuhan dua jenderalnya bersama dengan lima penasihat militer dalam serangan udara terhadap kompleks diplomatik Iran di ibu kota Suriah pada hari Senin.

Israel diyakini telah melakukan serangan tersebut, salah satu serangan yang paling signifikan terhadap kepentingan Iran di Suriah, sekutu dekat Teheran. Israel tidak membenarkan atau membantah keterlibatannya. Netanyahu tidak menyebutkan serangan itu secara rinci. 


Topik

Internasional Iran Israel konflik Timur Tengah serangan balasan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy