Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Forum Kemisan FISIP Unisba Blitar: Menyoroti Transformasi Sosial, Budaya, Politik, dan Teknologi di Era Digital

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

05 - Apr - 2024, 10:25

Placeholder
Forum Kemisan edisi kedua digelar FISIP Unisba Blitar.(Foto: Unisba Blitar)

JATIMTIMES - Forum Kemisan yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Balitar (Unisba Blitar) memasuki episode kedua pada Kamis (28/3/2024), menarik partisipasi mahasiswa lintas prodi.

Mengusung tema "Transformasi Sosial, Budaya, Politik, dan Teknologi di Era Digital," forum tersebut menghadirkan sejumlah pembicara kunci, di antaranya Novi Catur Muspita, S.Pd., M.Si, Kaprodi Sosiologi, serta Nasrudin S. Ag.,M.M (Dosen FISIP Unisba) dan Jalu Sora Wicitra, S.Ap.,M.Ap (Dosen Ilmu Administrasi Negara) sebagai Moderator.

Baca Juga : 8 Negara Tujuan Ekspor Kerupuk dan Keripik Indonesia, Korsel Jadi Nomor 1

Dalam sambutannya, Kaprodi Administrasi Negara, Eko Adi Susilo, SE.,M.M, menggarisbawahi pentingnya inisiatif dan kepemimpinan setiap himaprodi untuk menggelar forum sejenis. "Kita menjadi barometer acara semacam ini, minimal di Blitar harus ada yang memulainya," katanya.

Acara dimulai dengan paparan Nasrudin tentang "Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemilu 2024." Ia membahas aplikasi Sirekap serta tantangan dalam menganalisis teknologi yang digunakan.

"Dalam media, saya belum melihat analisis yang memadai terkait pemanfaatan teknologi dalam rekapitulasi," ungkap Nasrudin.

Materi kedua disampaikan oleh Novi Catur Muspita, yang menyoroti "Transformasi Sosial, Budaya, dan Politik di Era Digital dari Perspektif Sosiologi." Novi menjelaskan bagaimana individu dan struktur saling berinteraksi dalam proses transformasi.

"Di tengah gejolak transformasi digital, penting bagi kita untuk memahami bagaimana perubahan tersebut memengaruhi sosial, budaya, dan politik secara keseluruhan," tegasnya. 

Di forum ini Novi juga membahas strategi penguatan moralitas masyarakat di tengah transformasi digital melalui kontrol sosial, termasuk upaya dalam keluarga, pendidikan, pelestarian budaya, dan penegakan hukum yang adil.

Baca Juga : 10 Negara Kunci Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satunya?

"Sebagai individu dan masyarakat, kita perlu aktif dalam mengelola dampak positif dan negatifnya, serta memperkuat nilai-nilai moralitas untuk menjaga keseimbangan dalam era yang terus berkembang ini," lanjut Novi. 

Forum Kemisan mencapai kesuksesan berkat dedikasi dan kerja keras dari seluruh keluarga besar FISIP Unisba Blitar. pengurusnya, Ulva Roifatul Lailin, S.Pd., M.A.P, seorang Dosen Ilmu Administrasi Negara sekaligus pengurus Forum ini menyatakan, visi dan tujuan forum ini salah satunya menginspirasi peserta forum dengan kepemimpinan yang kuat dan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kualitas di bidang keilmuan. 

"Dalam Forum Kemisan ini, kita telah menggali berbagai wawasan penting tentang transformasi sosial, budaya, politik, dan teknologi di era digital. Saya percaya bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi yang kuat, kita dapat menghadapi tantangan-tantangan masa depan dengan lebih baik. Mari kita terus berinovasi dan bersinergi untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat dan bangsa kita," pungkad Ulva Roifatul Lailin. 


Topik

Pendidikan eko adi susilo unisba unisba blitar forum kemisan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya