Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

THR Cair, ASN Kota Blitar Berbelanja di Pasar Tradisional untuk Meningkatkan Perekonomian Lokal

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

05 - Apr - 2024, 10:07

Placeholder
ASN Kota Blitar berbelanja ke Pasar Pon.(Foto: Pemkot Blitar)

JATIMTIMES - Pagi yang cerah di kantor pemerintahan di Kota Blitar, suasana ceria terpancar dari wajah para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sedang berkumpul di ruang kerja. Mereka memperbincangkan hal-hal ringan, sambil menunggu kabar telah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) mereka. Setelah proses pencairan selesai, senyum kepuasan terpancar di wajah mereka. THR yang telah lama dinanti akhirnya cair, membawa kelegaan dan kebahagiaan tersendiri bagi para ASN ini.

Diantara mereka, Nisa Nur Hafiza, seorang Pranata Humas di Dinas Kominfo dan Statistik Kota Blitar, tampak berseri-seri. Dia bersama beberapa rekan ASN lainnya, telah merencanakan sesuatu yang istimewa untuk memanfaatkan sebagian dari uang THR mereka. Langkah ini tidak hanya sekadar berbelanja untuk diri sendiri, tapi juga menjadi bagian dari gerakan yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Blitar. Mereka bertekad untuk menggunakan sebagian dari uang THR mereka untuk mendukung pedagang di pasar tradisional serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota mereka.

Baca Juga : 8 Negara Tujuan Ekspor Kerupuk dan Keripik Indonesia, Korsel JadiĀ Nomor 1

Setelah berdiskusi singkat, Nisa dan rekan-rekannya bersiap-siap meninggalkan kantor. Mereka memasuki suasana cerah di luar, menyambut kehangatan matahari yang menyejukkan. Langit biru yang cerah menggambarkan harapan dan semangat baru dalam diri mereka. Kemudian, rombongan ASN tersebut bergerak menuju Pasar PON, salah satu pasar tradisional terbesar dan paling ramai di Kota Blitar.

Sesampainya di Pasar PON, suasana riang gembira dengan berbagai aroma rempah-rempah dan warna-warni kain tradisional menyambut kedatangan mereka. Pedagang dengan ramah sambut mengajak mereka untuk melihat berbagai macam produk yang dijajakan. Nisa dan rekan-rekannya dengan antusias memperhatikan setiap stand yang mereka lewati, mencari kebutuhan mereka untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Di salah satu sudut pasar, terdapat seorang pedagang rempah-rempah yang ramah sedang menawarkan berbagai bumbu dapur. Dengan senyuman hangat, pedagang tersebut melayani para ASN dengan penuh keramahan. Nisa tertarik dengan aroma rempah-rempah yang tercium dari jarak jauh. Dia pun menghampiri dan bertanya tentang berbagai produk yang ditawarkan. "Bu, ini rempah-rempahnya asli dari petani lokal lho. Sangat segar dan berkualitas," jelas sang pedagang dengan antusias.

Nisa tersenyum puas. Tanpa ragu, dia memilih beberapa jenis rempah-rempah untuk dibeli, merasa bangga bisa mendukung produk-produk lokal dan berkontribusi pada perekonomian daerah. Rombongan ASN lainnya juga terlihat menikmati pengalaman belanja mereka di pasar tradisional ini, menunjukkan antusiasme mereka dalam mendukung gerakan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Blitar.

Ya, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, sejumlah ASN di Kota Blitar memborong produk UMKM dan sejumlah produk yang dijajakan oleh pedagang di beberapa pasar tradisional. Gerakan ini menindaklanjuti himbauan Pemkot Blitar agar sebagian Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima ASN digunakan untuk memberdayakan pedagang pasar tradisional dan pelaku UMKM.

Pranata Humas, Dinas Kominfo dan Statistik Kota Blitar, Nisa Nur Hafiza mengaku sudah berbelanja kebutuhan Lebaran di Pasar PON. Meski hanya bersifat himbauan, namun Nisa mengaku senang bisa memanfaatkan sebagian THR -nya untuk berbelanja di Pasar Tradisional.

 "Alhamdulillah tadi sudah belanja dengan teman dinas. Kebetulan beli kebutuhan untuk Lebaran dan senang sekali karena dilayani dengan ramah oleh pedagang di Pasar PON," terang Nisa pada Kamis (4/4/2024).

Baca Juga : Cuma Ekspor Sapu Lidi, Kamu Bisa Jadi SultanĀ 

Analis Protokol, Bagian Umum - Setda Kota Blitar, Rama Siti Rohma mengungkapkan hal yang sama. Menindaklanjuti himbauan Pemerintah Daerah, dirinya bersama ASN di Bagian Umum kompak berbelanja di Pasar Templek. "Kami tentunya sangat mendukung karena adanya gerakan ini juga membuat teman-teman ASN semakin kompak. Jarang sekali kita pergi ke pasar dan belanja bersama-sama," jelas Rama.

Sementara itu, Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menjelaskan Gerakan ASN Berbelanja ini dimaksudkan agar ASN di Kota Blitar tidak melupakan kewajibannya sebagai manusia untuk saling berbagi dengan sesama. "THR cair jangan sampai lupa zakatnya, juga berbagi dengan sesama. Sehingga kita berharap pemberian THR ini juga memberikan dampak untuk masyarakat," jelas Wali Kota Blitar.

Dalam Surat Edaran tentang Himbauan ASN Berbelanja, Pemerintah Kota Blitar telah memetakan pasar tradisional yang harus dikunjungi OPD, termasuk nominal belanja yang dianjurkan. Hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Kota Blitar dalam mendorong ASN untuk berbelanja di pasar tradisional demi meningkatkan perekonomian lokal serta memperkuat solidaritas di antara mereka.

Diharapkan, langkah ini akan memberikan dampak positif bagi para pedagang lokal dan pelaku UMKM, serta meramaikan suasana pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Fitri.


Topik

Ekonomi thr santoso pasar pon kota blitar pasar tradisional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya