Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Bulan Ramadan, Angka Pernikahan di Kabupaten Blitar Turun Drastis

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

05 - Apr - 2024, 10:02

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Selama Ramadan yang penuh berkah, suasana pernikahan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengalami penurunan yang mencolok. Data terbaru dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Blitar mengungkapkan bahwa hanya terjadi 52 pernikahan selama tiga minggu terakhir, menandakan penurunan signifikan dalam acara pernikahan di wilayah ini.

Menurut Mukhroji, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, fenomena ini merupakan pola yang terjadi setiap tahun selama bulan Ramadan. “Tidak jarang kami melihat penurunan drastis dalam jumlah pernikahan saat bulan suci Ramadan tiba. Ini telah menjadi kebiasaan masyarakat setempat,” ungkap Mukhroji pada Kamis (4/4/2024). 

Baca Juga : Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al-Quran, Terbaru Ada Will Smith

Menurut data yang dikumpulkan dari 22 KUA yang tersebar di seluruh kabupaten, dua KUA melaporkan tidak adanya pernikahan sama sekali selama bulan puasa, sementara 20 KUA lainnya hanya mencatat sedikit pernikahan, mulai dari 1 hingga 8 pernikahan. Ini menunjukkan bahwa kegiatan pernikahan benar-benar melambat selama bulan suci Ramadan.

Saat ditanya mengapa fenomena ini terjadi, Mukhroji menjelaskan bahwa ada beberapa alasan di balik penurunan ini. Salah satu alasan utamanya adalah karena banyak keluarga yang memilih untuk menunda pernikahan selama bulan puasa ini. “Waktu yang terbatas dan kesibukan yang lebih intens selama Ramadan membuat banyak pasangan memilih untuk menunda pernikahan hingga bulan-bulan berikutnya,” tambahnya.

Selain itu, ada juga faktor-faktor budaya dan tradisional yang memengaruhi keputusan untuk menunda pernikahan selama bulan Ramadan. “Beberapa keluarga menganggap bulan Ramadan sebagai waktu yang kurang tepat untuk merayakan pernikahan karena lebih fokus pada ibadah dan menjalankan puasa,” kata Mukhroji. 

Namun, tidak semua kecamatan mengalami penurunan yang sama dalam jumlah pernikahan. Kecamatan Ponggok, salah satu kecamatan di Kabupaten Blitar, terbukti menjadi yang paling aktif dalam hal pernikahan selama bulan puasa ini. Dari semua kecamatan, Kecamatan Ponggok mencatat jumlah pernikahan terbanyak, mencapai 8 pernikahan dalam kurun waktu tiga minggu terakhir.

Mukhroji menjelaskan bahwa alasan di balik tingginya aktivitas pernikahan di Kecamatan Ponggok bisa bervariasi. “Setiap kecamatan memiliki dinamika sosial dan budaya yang berbeda, dan ini bisa memengaruhi keputusan masyarakat dalam merencanakan pernikahan,” katanya.

Baca Juga : Untuk Kebutuhan Lebaran, Pasokan LPG di Malang Ditambah 8 Persen

Salah satu faktor yang mungkin memengaruhi tingginya angka pernikahan di Kecamatan Ponggok adalah karena adat dan tradisi yang kuat dalam memandang pernikahan sebagai bagian penting dari budaya lokal. “Beberapa keluarga mungkin masih mempertahankan tradisi untuk melangsungkan pernikahan selama bulan Ramadan, meskipun jumlahnya mungkin lebih sedikit dibandingkan dengan bulan-bulan lain,” tambahnya.

Meskipun angka pernikahan menurun selama bulan Ramadan, ada optimisme bahwa angka pernikahan akan kembali meningkat setelah bulan puasa berakhir. Mukhroji memprediksi bahwa angka pernikahan akan melonjak pada bulan Syawal mendatang, karena banyak yang memandang bulan tersebut sebagai waktu yang baik untuk merayakan pernikahan.

Dengan demikian, meskipun ada penurunan yang signifikan dalam jumlah pernikahan selama bulan Ramadan, optimisme tetap tinggi bahwa kegiatan pernikahan akan pulih kembali setelah bulan suci berakhir. Sementara itu, Kecamatan Ponggok tetap menjadi sorotan dengan tingginya aktivitas pernikahan, menunjukkan keberagaman budaya dan tradisi dalam merayakan ikatan suci.


Topik

Peristiwa kabupaten blitar kua kabupaten blitar nikah di puasa nikah saat ramadan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya