Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

7 Jalur Mudik di Jatim Ini Tak Boleh Dilintasi Kendaraan Angkutan Barang Selama Libur Lebaran 2024

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Apr - 2024, 09:45

Placeholder
Tampak dari atas gerbang Tol Singosari, sebagai salah satu tol yang dilarang dilintasi kendaraan angkut barang saat musim mudik lebaran 2024. (Foto: BPJT)

JATIMTIMES - Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Kementerian PUPR menerbitkan aturan pembatasan operasional angkutan barang yang melintas di jalur mudik dan balik di musim mudik lebaran 2024.  

Aturan pembatasan operasional angkutan barang tersebut tercantum dalam surat keputusan bersama (SKB) dengan Nomor: KP-DRJD 1305 Tahun 2024, SKB/67/11/2024, dan 40/KPTS/Db/2024. Tujuan diterbitkannya aturan SKB tersebut untuk mengatur perjalanan selama masa libur Lebaran dengan lebih memperhatikan keselamatan, kenyamanan, dan ketertiban baik di jalan tol maupun non-tol.

Baca Juga : 5 Limbah Ini Jika Diekspor Bisa Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah 

Aturan pembatasan operasional angkutan barang tersebut berlaku mulai Jumat (5/4) pukul 09.00 waktu setempat, hingga musik arus balik pada Selasa, 16 April 2024, pukul 08.00 waktu setempat.

Adapun pembatasan kendaraan angkutan barang mencakup mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, kereta gandengan, dan mobil barang yang mengangkut hasil galian, hasil tambang, serta bahan bangunan.

Meskipun begitu, ada beberapa jenis angkutan barang yang dikecualikan dari pembatasan ini. Seperti yang mengangkut BBM/BBG, antaran uang, logistik pemilu, hewan dan pakan ternak, pupuk, penanganan bencana alam, serta barang pokok. 

Namun kendaraan angkutan barang yang bisa melintas atau dikecualikan harus memiliki surat muatan yang memenuhi beberapa ketentuan. Di antaranya syaratnya adalah diterbitkan oleh pemilik barang, berisi keterangan jenis barang, tujuan, nama, dan alamat pemilik barang, serta ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri kendaraan.

Berikut ini jalur mudik di Jawa Timur yang tidak boleh dilalui oleh kendaraan angkutan barang selama libur Lebaran 2024, melansir Antara:

● Jalan Tol Ngawi-Kertosono – Mojokerto – Surabaya – Gempol – Pasuruan – Probolinggo;

● Jalan Tol Surabaya – Gresik;

● Jalan Tol Pandaan – Malang.

● Jalan Non Tol Pandaan – Malang;

● Jalan Non Tol Probolinggo – Lumajang;

● Jalan Non Tol Madiun – Caruban – Jombang;

● Jalan Non Tol Banyuwangi – Jember. 


Topik

Transportasi arus mudik jatim tarif tol



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri