Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

8 Negara Tujuan Ekspor Kerupuk dan Keripik Indonesia, Korsel Jadi Nomor 1

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

13 - Apr - 2024, 17:53

Placeholder
Kerupuk, salah satu jenis makanan ringan atau makanan pendamping yang menjadi ciri khas Indonesia. (Foto:iStock)

JATIMTIMES - Ungkapan Indonesia sebagai surga kerupuk bagi dunia rasanya tak berlebihan. Pasalnya Indonesia dikenal sebagai satu-satunya eksportir kerupuk di dunia.  

Kerupuk adalah salah satu jenis makanan ringan atau makanan pendamping yang menjadi ciri khas Indonesia. Tidak hanya karena rasanya, namun juga karena jenis dan bentuknya yang sangat beragam dan tidak dapat ditemukan di negara lain. 

Baca Juga : 5 Negara Tujuan Ekspor Lele, Omset Bisa Triliunan 

Melansir KBBI, kerupuk terbuat dari adonan tepung dicampur dengan udang atau ikan, setelah dikukus disayat-sayat tipis atau dibentuk dengan alat cetak, dijemur agar mudah digoreng.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kerupuk, dan menjadi produk unggulan dengan indikasi geografis tertentu, seperti Kerupuk Palembang dan Kerupuk Udang Sidoarjo. 

Selain menjadi ciri khas suatu daerah, kerupuk Indonesia juga sangat kaya rasa karena terbuat dari berbagai jenis bahan. Seperti udang, berbagai jenis ikan, bawang, sayuran serta kulit sapi atau kerbau.

Sebagai produk yang memiliki kekhasan rasa dan asal produk (geografis), pangsa pasar dan nilai jual kerupuk, baik di dalam dan luar negeri terus meningkat. Kerupuk tidak hanya bisa menjadi komoditi andalan di pasar makanan olahan dalam negeri, 

Namun juga menjadi pencuri perhatian pasar makanan olahan di luar negeri. Berikut ini 8 negara tujuan ekspor kerupuk dan keripik, melansir data BPS tahun 2023: 

1. Korea Selatan 

Korea Selatan merupakan salah satu negara tujuan ekspor kerupuk yang signifikan dari Indonesia. Produk kerupuk Indonesia, seperti kerupuk udang, kerupuk singkong, dan kerupuk ikan, cukup populer di Korea Selatan karena rasanya yang unik dan kelezatannya. 

Permintaan akan kerupuk dari Korea Selatan terus meningkat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap makanan eksotis dan khas daerah lain. Oleh karena itu, Korea Selatan menjadi salah satu pasar yang penting bagi industri kerupuk Indonesia. Total ekspor ke Korea Selatan ini mencapai US$ 11,37 Juta. 

2. Belanda 

Belanda juga merupakan negara tujuan ekspor kerupuk yang signifikan dari Indonesia. Produk kerupuk Indonesia, seperti kerupuk udang, kerupuk singkong, dan kerupuk ikan, telah menjadi bagian dari pasar makanan internasional di Belanda. 

Masyarakat Belanda sering mengkonsumsi kerupuk sebagai camilan atau sebagai pelengkap hidangan, sehingga permintaan terhadap produk kerupuk Indonesia terus bertahan. Selain itu, keberagaman ras dan budaya di Belanda menciptakan permintaan yang stabil untuk produk makanan khas dari berbagai negara, termasuk kerupuk dari Indonesia. Total ekspor ke Belanda ini mencapai US$ 8,18 Juta. 

3. China 

China adalah salah satu negara tujuan ekspor kerupuk yang signifikan dari Indonesia. Produk kerupuk Indonesia, seperti kerupuk udang, kerupuk singkong, dan kerupuk ikan, telah mendapatkan popularitas di pasar makanan China. Masyarakat China menyukai kerupuk sebagai camilan ringan atau sebagai pelengkap hidangan. 

Permintaan terhadap produk kerupuk Indonesia di China terus meningkat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap makanan internasional dan eksotis. Oleh karena itu, China menjadi pasar yang penting bagi industri kerupuk Indonesia. Total ekspor ke China ini mencapai US$ 5,13 Juta. 

4. Malaysia 

Malaysia juga merupakan salah satu negara tujuan ekspor kerupuk yang penting dari Indonesia. Produk kerupuk Indonesia, seperti kerupuk udang, kerupuk singkong, dan kerupuk ikan, memiliki pangsa pasar yang kuat di Malaysia. 

Masyarakat Malaysia sering mengkonsumsi kerupuk sebagai camilan favorit atau sebagai pelengkap hidangan. Karena kedua negara memiliki budaya kuliner yang mirip, produk kerupuk Indonesia relatif mudah diterima di Malaysia. Hal ini membuat Malaysia menjadi pasar yang menjanjikan bagi industri kerupuk Indonesia. Total ekspor ke Malaysia ini mencapai US$ 3,12 Juta. 

5. Inggris 

Baca Juga : 5 Limbah Ini Jika Diekspor Bisa Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah 

Inggris juga merupakan salah satu negara tujuan ekspor kerupuk dari Indonesia. Produk kerupuk Indonesia, seperti kerupuk udang, kerupuk singkong, dan kerupuk ikan, telah mendapatkan popularitas di pasar makanan internasional di Inggris. Masyarakat Inggris sering mengkonsumsi kerupuk sebagai camilan ringan atau sebagai pelengkap hidangan. 

Permintaan terhadap produk kerupuk Indonesia di Inggris terus meningkat seiring dengan minat yang meningkat terhadap makanan internasional dan eksotis di negara tersebut. Oleh karena itu, Inggris juga merupakan pasar yang penting bagi industri kerupuk Indonesia. Nilai ekspor ke Inggris ini mencapai US$ 3,03 Juta. 

6. Amerika Serikat 

Amerika Serikat merupakan salah satu pasar tujuan utama ekspor kerupuk dan keripik dari Indonesia. Produk-produk ini cukup populer di Amerika Serikat karena keberagaman ras dan budaya di negara tersebut. Total ekspor ke Amerika Serikat ini mencapai US$ 1,52 Juta atau Rp 23,8 Miliar. 

7. Singapura 

Singapura adalah salah satu negara tujuan ekspor kerupuk yang sangat signifikan dari Indonesia. Produk kerupuk Indonesia, seperti kerupuk udang, kerupuk singkong, dan kerupuk ikan, memiliki pangsa pasar yang kuat di Singapura. 

Masyarakat Singapura menyukai kerupuk sebagai camilan favorit atau sebagai pelengkap hidangan. Karena kedua negara memiliki hubungan yang erat dan keberagaman kuliner yang mirip, produk kerupuk Indonesia relatif mudah diterima di Singapura. Ini membuat Singapura menjadi pasar yang sangat penting bagi industri kerupuk Indonesia. Nilai ekspor ke Singapura ini mencapai US$ 1,06 Juta.

8. Taiwan 

Taiwan juga merupakan salah satu negara tujuan ekspor kerupuk dari Indonesia. Produk kerupuk Indonesia, seperti kerupuk udang, kerupuk singkong, dan kerupuk ikan, telah mendapatkan popularitas di pasar makanan Taiwan. Masyarakat Taiwan sering mengkonsumsi kerupuk sebagai camilan favorit atau sebagai pelengkap hidangan. 

Permintaan terhadap produk kerupuk Indonesia di Taiwan terus meningkat seiring dengan minat yang meningkat terhadap makanan internasional dan variasi rasa yang berbeda. Oleh karena itu, Taiwan juga merupakan pasar yang penting bagi industri kerupuk Indonesia. Nilai ekspor ke Taiwan ini mencapai US$ 1,02 Juta 

Demikian 8 negara tujuan ekspor kerupuk dan keripik dari Indonesia. Semoga membantu. 


Topik

Ekonomi ekspor kerupuk ekspor keripik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri