Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati Malang Tuai Pujian, Para Kades Sebut Sanusi Mampu Wujudkan Malang Makmur

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

04 - Apr - 2024, 20:41

Placeholder
Perwakilan Kades se-Kabupaten Malang saat mengadakan buka bersama puasa Ramadan di salah satu rumah makan di Kota Malang pada Kamis (4/4/2024). (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi dinilai sukses memimpin Kabupaten Malang dalam periode 2021-2024. Pujian tersebut di antaranya juga datang dari para kepala desa (kades) se-Kabupaten Malang.

Para kades menyebut, semenjak Sanusi menjadi bupati Malang bersama Didik Gatot Subroto sebagai wakil bupati, sejumlah sektor pembangunan berkembang pesat. Di antaranya meliputi pembangunan di sektor infrastruktur, akomodasi transportasi, hingga pemberian intensif kepada sejumlah pihak yang terlibat dalam pelayanan kepada masyarakat, termasuk pemberian intensif kepada para ketua RT dan RW se-Kabupaten Malang.

Baca Juga : Update Gate 13 Stadion Kanjuruhan: Tak Jadi Dibongkar

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Malang Hasan Basori saat menghadiri agenda buka bersama kades se-Kabupaten Malang yang berlangsung pada Kamis (4/4/2024).

"Alhamdulillah para kades bisa mengadakan silaturahmi dan buka bersama setelah menjaga netralitas selama penyelenggaraan pesta demokrasi. Sehingga diharapkan melalui agenda hari ini bisa lebih merekatkan koordinasi para kades demi mewujudkan pembangunan di Kabupaten Malang," ungkap Basori  usai menghadiri  buka bersama kades se-Kabupaten Malang di salah satu rumah makan di Kota Malang, Kamis (4/4/2024).

Agenda buka bersama tersebut turut dihadiri oleh perwakilan kades seluruh kecamatan di Kabupaten Malang. "Yang hadir perwakilan kades, per kecamatan ada dua (kades). Jadi, ada 60 lebih yang hadir," imbuhnya.

Dalam agenda ramah-tamah saat buka bersama itulah, para kades kompak menyebut Sanusi telah mampu mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat desa. Yakni sesuai dengan tagline Malang Makmur yang diusung oleh Pemkab Malang.

"Sesuai dengan yang disampaikan oleh rekan-rekan (para kades), bahwa periode Pak Sanusi belum jangkep (genap) lima tahun, hanya empat tahun (menjabat). Tapi meskipun belum jangkep, dalam waktu singkat itu Pak Sanusi bisa berkomunikasi dengan baik kepada semua kades," ungkapnya.

Basori beranggapan, Sanusi sejatinya hanya maksimal menjabat bupati Malang dalam dua tahun. Sebab, dua tahun pemerintahannya digempur adanya pandemi covid-19.

"Tapi Pak Sanusi selalu berupaya untuk mewujudkan perencanaan terkait dengan pembangunan khususnya yang ada di desa. Keinginan beliau luar biasa, bahkan juga disampaikan di tempat umum. Ketika beliau berkunjung ke mana pun selalu menyampaikan komitmennya untuk membangun desa," ujarnya.

Pernyataan Sanusi yang disampaikan saat menghadiri beragam agenda kunjungan kerja itulah yang dianggap oleh para kades merupakan keseriusan Sanusi untuk mewujudkan kemakmuran di Kabupaten Malang.

"Tapi karena keterbatasan waktu yang hanya menjabat empat tahun, kemudian pembiayaan dana yang terbatas, sehingga mungkin ada yang belum terwujud. Sehingga itu yang menjadi dasar dari para kades agar Pak Sanusi berkenan dan bersedia mencalonkan kembali (sebagai bupati Malang) di periode selanjutnya," harapnya.

Harapan Sanusi bisa kembali mencalonkan diri sebagai bupati Malang tersebut, dijelaskan Basori, lantaran didasari oleh beberapa pertimbangan. Di antaranya berkaitan tentang akomodasi penunjang pemerintahan desa.

Baca Juga : Siapkan Penilaian EPSS 2024, Ini Yang Dilakukan Diskominfo Kota Kediri

"Kemajuannya banyak sekali. Misalnya terkait dengan sarana transportasi. Di desa itu sudah tercukupi. Ada mobil dan ada motor untuk sarana pemerintah desa," imbuhnya.

Bergeser ke bidang kesejahteraan, lanjut Basori, hanya di era Bupati Malang Sanusi, penghasilan tetap (siltap) para kades maupun perangkat desa lebih diperhatikan. Bahkan, pemberian intensif bagi ketua RT dan RW juga terealisasi di periode kepemimpinan Bupati  Sanusi.

"Peningkatan siltap kepada kades dan perangkat desa. Bahkan untuk RT - RW itu juga ada intensif, itu luar biasa," ujarnya.

Pertimbangan selanjutnya,l adalah komitmen Sanusi untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Bahkan, saat ini sudah ada 73,30 persen jalan mantap di Kabupaten Malang. Diproyeksikan pada 2027 sudah tidak ada jalan rusak di Kabupaten Malang.

"Terkait dengan pembangunan khususnya terkait dengan infrastruktur, juga diperhatikan oleh Bapak Sanusi. Kami yakin, para kades juga tahu bahwa pembangunan di Kabupaten Malang tidak hanya mengandalkan APBD saja. Tapi Pak Sanusi juga berupaya bagaimana dana yang ada di pemerintah pusat bisa untuk pembangunan di Kabupaten Malang," ungkapnya.

Lantaran ada beberapa pertimbangan itulah, para kades se-Kabupaten Malang berharap Sanusi berkenan kembali melanjutkan program Malang Makmur di periode selanjutnya.

"Para kades punya keyakinan pada periode kedua nantinya, apa yang diinginkan, yaitu Malang Makmur, akan kembali terwujud kalau Bapak Sanusi jangkep memimpin lima tahun lagi," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan Bupati Malang Sanusi kepemimpinan Sanusi Kabupaten Malang kades Kabupaten Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy