Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pantau Arus Lalu Lintas, Polresta Malang Kota Hadirkan Kendaraan K3I, Apa itu?

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Apr - 2024, 19:28

Placeholder
Fasilitas di dalam pusat kendali mobile. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Beragam persiapan dilakukan Polresta Malang Kota dalam menghadapi arus mudik yang terjadi wilayah Kota Malang. Salah satunya dengan meluncurkan pusat kendali mobile atau Kendali, Koordinasi, Komunikasi, dan Informa (K3I).

Pusat kendali mobile ini diluncurkan untuk pengamanan arus mudik 2024 dibekali teknologi canggih. K3I Mobile merupakan fasilitas truk mobile polisi yang dimodifikasi.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Di dalam bus ini terdapat layar televisi, di sana menampilankan rekaman dari CCTV. Setidaknya ada 300 CCTV yang terintergrasi dengan instansi terkait.

Juga menampilkan CCTV dari beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan yang tersebar di sejumlah titik wilayah Kota Malang. Nantinya K3I Mobile ini dapat berpindah-pindah sesuai dengan kebutuhan situasi kamseltibcarlantas di Kota Malang.

“Di dalamnya dilengkapi sarana pendukung, ada komputer, akses Internet, Agar bisa memonitor lalu lintas. Dari K3I kami bisa memantau, jadi apabila ada kemacetan tim urai akan bergerak ke lokasi," ujar Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Aristianto Budi Sutrisno, Kamis (4/4/2024).

Selain itu Pusat kendali mobile juga terkoneksi dengan aplikasi Jogo Malang Presisi serta Mahameru Quick Response (MQR).

Dengan dihadirkannya K3I untuk mempermudah mengambil keputusan yang cepat terhadap permasalahan lalu lintas di Kota Malang nanti. Harapannya selama arus mudik dan balik aman lancar di Kota Malang.

Baca Juga : Aktivitas Lalu Lintas di Malang Diprediksi Meningkat Signifikan Selama Libur Lebaran

Diketahui dalam Operasi Ketupat Semeru 2024 ini Polresta Malang Kota mengerahkan sebanyak 500 personel gabungan dari jajaran TNI-Polri, aparatur pemerintahan hingga organisasi masyarakat.

Polresta Malang Kota juga mendirikan 3 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan selama Operasi Ketupat Semeru. Di antaranya pos pengamanan, didirikan di Simpang MCC (pertigaan Jalan Ahmad Yani - Jalan L.A Sucipto), dekat Exit Tol Madyopuro, dan pertigaan Jembatan Soekarno Hatta (Jembatan UB). Lalu untuk pos pelayanan, didirikan di depan Stasiun Malang.


Topik

Peristiwa Pengamanan Lebaran lebaran idul fitri polresta malang kota



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni